GARUT EXPRESS– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menegaskan pentingnya pengelolaan pelayanan publik yang terpadu dan terintegrasi melibatkan pemerintah daerah, kementerian lembaga, BUMN, BUMD, dan swasta dalam satu tempat, yakni Mal Pelayanan Publik (MPP). Hal ini diungkapkan dalam Forum Konsultasi Publik (FKP) MPP Kabupaten Garut yang diselenggarakan di Aula Bank BJB pada Kamis 7 September 2023.
Menurut Nurdin Yana, langkah ini akan membawa penyederhanaan birokrasi, mengurangi waktu dan biaya, serta meningkatkan ketersediaan berbagai layanan publik. Integrasi ini bertujuan mengubah pola pikir sektoral yang terkadang menghambat efisiensi pelayanan.
“Terwujudnya integrasi antara penyedia layanan, bermuara pada penyederhanaan birokrasi pelayanan, yang menimbulkan efisiensi waktu, biaya, dan kemudahan mendapatkan produk layanan,” ujarnya.
MPP di Kabupaten Garut diharapkan akan membantu mencapai visi birokrasi 4.0 dengan percepatan, akurasi, dan fleksibilitas pelayanan. Nurdin Yana juga menekankan pentingnya MPP dalam membentuk ASN yang modern dan selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Forum Konsultasi Publik ini menjadi langkah nyata dalam membangun MPP, dengan melibatkan elemen masyarakat untuk mendapatkan masukan terkait kebutuhan publik. Masukan ini akan dirumuskan dalam berita acara dan ditandatangani oleh penyelenggara pelayanan publik serta perwakilan masyarakat.
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Wahyudijaya, menggarisbawahi bahwa partisipasi berbagai pihak adalah syarat penting untuk mendapatkan legalitas MPP dari Kemenpan RB.
Terakhir, Wahyudijaya mengungkapkan bahwa MPP Garut akan memiliki 21 gerai dengan dua lantai, yang akan diisi oleh instansi vertikal dan horizontal. FKP akan menjadi landasan operasional MPP, dan hasilnya akan diajukan ke Kemenpan RB untuk persetujuan.
Wahyudijaya juga menambahkan bahwa MPP ini tak hanya memiliki nilai fungsional, melainkan juga nilai estetika yang bisa menjadi ikon bagi Kabupaten Garut. Mal Pelayanan Publik diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan di daerah ini yang sangat strategis,” Juhana Alam.