Terancam Longsor Susulan, Sejumlah Warga di Talegong Segera Direlokasi

garutexpress.id- Pascalongsor yang menerjang kawasan Kampung Sawah Jeruk, Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut pada 2-3 Desember 2020 sejumlah warga khawatir longsor susulan.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sejumlah warga dikawasan tersebut direlokasi ke wilayah yang lebih aman, Dalam waktu dekat ini, pihak Pemkab Garut akan segera menyiapkan tempat relokasinya.

”Saya sudah perintahkan Camat untuk mencari tanah untuk dijadikan tempat relokasi. Kita akan bangun rumahnya, anggaran kita tersedia di BTT, saya minta semua direlokasi karena daerah itu tidak aman dan rawan longsor,” kata Bupati Garut,Rudy Gunawan dihadapan sejumlah awak media, Kamis (3/12/2020).

Bupati menyebut, di selain di wilayah tersebut, ada beberapa wilayah di Talegong yang juga rawan dilanda tanah longsor.

”Untuk itu saya perintahkan Camat dan Kepala Desa untuk meneliti daerah – daerah lain yang berpotensi bencana longsor” papar Rudy.

Untuk membantu korban longsor dan pemulihan kawasan di Talegong, Pemkab Garut sudah meninstruksikan Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut untuk mengirim bantuan tenda dan mendirikan dapur umum.

”Insha Allah secepatnya akan kita pulihkan kembali kondisi yang terjadi saat ini. Kepada masyarakat, saya himbautetap waspada ancaman bencana dalam situasi saat ini dengan curah hujan yang cukup tinggi,” katanya. (*)

Reporter : Tim GE
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here