PPSI-IPSI Gelar Pasanggiri Pencak Silat se Kadungora Bertajuk “Hiji Ngahiji Jadi Sawargi”

garutexpress.id- Sebagai wujud kepedulian dan rasa cinta terhadap budaya serta olahraga tradisi warisan leluhur pengurus Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) dan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) menggelar pasanggiri dan festival pencak silat se Kecamatan Kadungora.

Agenda kegiatan yang diikuti 7 paguron dengan peserta 170 pesilat dari kelompok usia remaja dan dewasa ini digelar selama dua hari di Gedung Olahraga (GOR) Binangkit Desa Cisaat, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, (30-31/12/ 2020).

Menurut ketua panitia kegiatan pasanggiri, H Ceceng, dengan pasinggiri ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta kawula muda terhadap seni bela diri pencak silat yang merupakan warisan karuhun (leluhur).

Disamping itu, pasanggiri dan festival bertajuk “Hiji Ngahiji Jadi Sawargi” ini juga merupakan upaya menjaring dan mencetak bibit-bibit atlet pencak silat dari wilayah Kadungora.

“Pasanggiri dan festival pencak silat ini kami harapkan bisa menjadi jalan untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak muda di Kabupaten Garut, khususnya Kadungora terhadap seni bela diri pencak silat warisan karuhun (nenek moyang). Dan dengan pasanggiri dan festival ini juga diharapkan lahir bibit atlet pencak silat yang berkualitas,” tutur H Ceceng didampingi penanggung jawab kegiatan, H Ruhiat yang sekaligus Kades Cisaat.

Untuk kegiatan kali ini, panitia mengatur jalanya acara dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 dalam agenda tersebut.

“Dengan adanya pandemi Covid-19, kali ini dalam penyelenggaraan pasanggiri kita menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mudah-mudahan lancar tanpa ada kendala apapun. Dengan semangat yang yang tinggi, mudah-mudahan di masa pandemi ini prestasi olahraga khususnya pencak silat Kadungora bisa menembus prestasi nasional maupun internasional,” ungkapnya. (*)

Reporter : Anas

Editor     : KE


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here