Mulai 2021 KBM Tatap Muka Tingkat SMA Siap Digelar, Ini Penjelasan KCD Jabar Wilayah XI

Dr Asep Sudarsono, S.Pd.,MM (Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Jawa Barat Wilayah XI)/ foto: Kang Cep/ garutexpress.id.***

garutexpress.id- Meski pandemi Covid-19 masih mewabah dan belum bisa dipastikan kapan berkahir, namun Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), khususnya untuk tingkat SMA/ SMK di Kabupaten Garut mulai Januari 2021 yang juga bertepatan dengan semester genap direncanakan akan digelar meski dalam tekhnisnya ada pembatasan khusus.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Jawa Barat Wilayah XI, Dr Asep Sudarsono, S.Pd, MM., saat dijumpai garutexpress.id, di ruang kerjanya, kantor KCD Jawa Barat Wilayah XI, Jalan Jenderal Ahmad Yani No.23, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (28/12/2020).

Menurut Asep, untuk menggelar KBM tatap muka ini pihaknya tengah mempersiapkan
segala sesuatunya. Di antara persiapan tersebut berkaitan dengan kurikulum dan sistem pembelajaran yang harus mematuhi protokol kesehatan serta menyangkut Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) khusus di sekolah.

“Kita mengacu dan merespon apa yang telah diinstruksikan Kemendikbud dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Saat ini kita tengah mempersiapan berbagai sarana KBM tatap muka, mulai dari kesiapan sarana prasarana dan para pendidiknya (guru) juga,” ungkapnya.

Djelaskannya, untuk menggelar KBM tatap muka di masa pandemi ini KCD XI akan mengecek berbagai kesiapan dan perizinan dari pemerintahan setempat. Khusus di Kabupaten Garut, proses KBM tatap muka ini akan diatur sedemikian rupa.


Dr Asep Sudarsono, S.Pd.,MM (Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Jawa Barat Wilayah XI)/ foto: Kang Cep/ garutexpress.id.***

“Kebijakan untuk menggelar KBM tatap muka ini tekhnisnya tetap akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat (Pemda). Disamping itu KBM tatap muka ini tidak seperti sebelumnya yang menertakan seluruh siswa dalam proses KBM tatap muka. Kini untuk KBM ini kita akan atur, misalnya 50 -50. 50 persen siswa minggu pertama mengikuti KBM, sementara 50 persen lagi
belajar daring sambil menunggu giliran KBM tatap muka minggu berikutnya,” katanya.

Menurutnya, proses KBM tatap muka ini akan diselenggarakan secara selektif tergantung kesiapan pihak sekolah. Jadi tidak seluruh sekolah bisa menggelar KBM tatap muka. Jika memang pihak sekolah telah siap maka harus segera berkoordinasi dengan pihak pihak terkait.

“Untuk KBM tatap muka ini tentunya harus memperhatikan protokol kesehatan. Pada saat pelaksanaan (KBM tatap muka) nanti kita juga harus ada izin dari pemerintah daerah, karena di daerah tertentu tidak sama zonanya, ada kecamatan kecamatan yang berstatus zona hijau dan memungkinkan menggelar KBM tatap muka dengan segala kesiapannya. Saat ini kami terus akan mensosialisasikan KBM tatap muka ini di sejumlah satuan sekolah setingkat SMA,” jelasnya.

Asep menghimbau, untuk proses KBM tatap muka ini pihak pengelola sekolah harus menjaga kondusivitas dengan mengikuti dan mematuhi prosedur yang telah ditentukan, baik dari pemerintah provinsi maupun kabupaten.

“Untuk pengelola sekolah setingkat SMA/SMK, kami harap bisa menjaga kondusivitas dalam proses pembelajaran. Misalnya dengan menerapkan disiplin 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menjaga jarak). Ikuti saja prosedur yang sudah ada, baik dari pemerintah kabupaten maupun provinisi,” ungkapnya.

Asep menambahkan, pelaksanaan KBM tatap muka untuk SMA,SMK dan SLB di wilayah XI tetap akan melakukan koordinasi dengan pihak Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut.

“Pelaksanaan KBM tatap muka di SMA, SMK dan SLB wilayah XI kita tetap akan melakukan koordinasi dengan gugus tugas Covid-19 Garut. Disamping itu, proses pembelajaran juga akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan aturan yang ada. Diinformasikan juga, dalam waktu dekat Disdik Provinsi Jabar akan membagikan masker secara gratis kapada siswa SMA, SMK dan SLB yang siap melaksanakan pembelajaran tatap muka,” jelasnya. (*)

Reporter : Kang Cep

Editor     : KE


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here