Unik, Transaksi Jual Beli dengan Koin Bambu di Pasar Rakyat Taman Bambu Selaawi

garutexpress.id- Jika kita akan melakukan pembayaran barang atau jasa, tentu saja uang rupiah adalah salah satu alat tukar yang sah. Tetapi, di Pasar Rakyat Taman Bambu Selaawi, ada alat pembayaran unik selain uang, yakni  koin bambu.

Namun bukan berarti dari rumah kita harus membuat koin bambu lalu bisa dipakai membeli sesuatu di pasar ini. Sebelum kita membeli barang di pasar rakyat, terlebih dahulu kita harus menukarkan uang rupiah dengan koin bambu yang sudah disediakan panitia. Koin bambu tersebut sudah dibuat sedemikian rupa sehingga akan sesuai dengan nilai uang yang di tukarkan.

Pasar Rakyat taman bambu yang ada di Kampung Bobos, Desa Putrajawa , Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut ini dirancang untuk melestarikan seni dan budaya daerah setempat.

Barang seperti makanan yang disediakannyapun merupakan makanan tradisional. Selain makanan, di pasar ini biasanya selalu ada suguhan hiburan seni daerah, seperti kuda renggong, jaipong serta penampilan grup celentung yang menjadi kabanggaan warga Selaawi.

Menurut pengelola Pasar Rakyat Taman Bamboo Selaawi, Tri Susilo Effendi, pasar ini hanya dibuka satu hari setiap minggunya, yaitu di hari minggu. Sesuai namanya, pasar rakyat menyediakan barang dan jasa yang sipatnya lebih tradisional.

“Selain makanan, di pasar rakyat di sediakan beberapa bentuk permainan tradisional seperti congklak, egrang dan yang lainnya. Ada pula lahan untuk camping ground walaupun saat ini masih dalam tahap pengerjaan,” katanya, Kamis (19/11/2020).

Sementara itu, tambah Tri, koin bambu yang menjadi alat beli di pasar rakyat, itu adalah ide dari para pengelola pasar, disamping unik, koin bambu bisa melambangkan jika Kecamatan Selaawi merupakan kecamatan serba  bambu.

Di sekitar pasar rakyat yang memang berada di tengah kebun bambu, ada situ yang bernama Situ Odi. Situ Odi ini menjadi daya Tarik tambahan bagi para pengunjung. Untuk sementara ini, pengunjung pasar rakyat hanya warga sekitar saja.

Salah seorang pengunjung pasar rakyat, Titin Supriatin mengatakan, sensasi jajan menggunakan koin bamboo merupakan hal yang baru bagi dirinya.

“Pokoknya berkunjung ke pasar rakyat serba unik, serba tradisional” tuturnya. Sambil menikmati jajanan, kita bisa menikmati pertunjukan seni dan budaya tradisional,” ujarnya. (*)

Reporter  : Useu G Ramdani

Editor      : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here