Terpaksa Begadang? Inilah Tips Sehatnya, No Tiga Penting!

(foto:Zalora)

Garutexpress.id – Tuntutan pekerjaan, tugas sekolah atau tugas kuliah mewajibkan anda terpaksa harus lembur atau begadang?

Melepas waktu tidur malam anda memang tidak sehat bagi tubuh, jika anda melakukannya banyak hal negatif yang siap menerjang anda diantaranya, mudah lelah, kemampuan kognitif menurun dan berbagai penyakit berbahaya lainnya sudah siap hinggap di tubuh anda.

(foto:Zalora)

Tapi apalah daya jika tuntutan pekerjaan mengharuskan anda begadang. Jika memang anda terpaksa melakukannya. Berikut adalah tips begadang agar tubuh anda tetap terjaga kesehatannya.

Atur Suhu Ruangan

Suhu ruangan sangat penting bagi tubuh anda, apalagi saat anda begadang. Anda membutuhkan suhu yang tidak terlalu dingin, namun tidak juga terlalu panas.
Tinggikan suhu AC ruangan hingga 23-25ºC, atau anda bisa pakai pakaian yang agak tebal. Suhu ini sesuai untuk menjaga Anda tetap waspada dan juga mencegah cepat lelah akibat kegerahan.

Aktif Bergerak

Jika anda sedang mengerjakan sesuatu diatas meja, bangunlah sesekali untuk menggerakan tubuh anda, seperti jalan-jalan sebentar. Hal tersebut guna untuk mendapatkan energi baru. Jadi berjalanlah sejenak jika anda mulai merasa kantuk.

Anda juga bisa lakukan olahraga ringan seperti, lompat tali, push-up, atau sit-up atau sekadar peregangan selama 10-15 menit setiap 45 menit sekali untuk membantu tubuh membawa oksigen ke pembuluh darah, otak, dan otot-otot Anda.

Cemilan Berprotein Tinggi

Ngemil saat anda begadang adalah ide yang sangat baik karena tubuh anda memerlukan sesuatu yang harus dibakar agar anda bisa tetap bekerja sepanjang malam. Pilihlah cemilan yang berprotein tinggi, jangan mengkonsumsi makanan berat karena itu malah akan menyebabkan kantuk.

Pilih camilan yang bisa memberikan energi tahan lama yang mengandung protein murni, seperti protein shakes, greek yogurt dan topping buah-buahan, atau irisan apel yang dioles selai kacang.

Kopi Dengan Syarat…

Minum lebih dari dua gelas kopi saat begadang bukannya meningkatkan konsentrasi, namun justru akan membuat Anda gelisah dan hilang fokus.

Tipsnya, puasalah minum kopi seminggu menjelang hari-H begadang, jika Anda sudah tahu kapan akan begadang. Siang hari sebelum begadang, Anda bisa minum secangkir kopi sebelum tidur siang. Minum kopi sebelum tidur siang mampu menghilangkan efek inersia tidur, alias teler setelah bangun tidur. Selama begadang, ganti cangkir kopi hangat Anda dengan gelas besar air putih.

Hindari minum kopi terus menerus sepanjang minggu, itu akan menyebabkan tubuh anda kebal terhadap efek kafein yang terdapat pada kopi.

Menabung Tidur Sebelum Begadang

Hal ini sangat penting untuk menjaga anda agar tetap melek dimalam hari. Usahakan Anda bisa mencuri waktu luang sekitar 15-20 menit di siang harinya, pergunakan untuk tidur siang. Selama 15-20 menit pertama di waktu Anda tertidur, Anda akan terbangun di tahap awal siklus tidur, bukan di tahap mimpi (tidur REM), sehingga Anda akan merasa lebih segar saat anda hendak begadang.
Hindari tidur kilat ditengah waktu begadang karena kemungkinan besar Anda justru akan bablas tidur sampai pagi dan bangun dalam keadaan menyesal.

Tidak mengapa jika anda begadang untuk menyelesaikan tugas atau keperluan penting, asalkan jangan menjadikan begadang sebagai gaya hidup. Karena banyak kerugian yang bisa anda dapatkan jika banyak begadang.

Penulis : Sidqi Al Ghifari


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here