Soal Honor Guru Bantu Tak Dibayar, LBH Padjadjaran: DPRD Bisa Minta Hak Angket

garutexpress.id- Honor guru bantu di Kabupaten Garut yang tak dibayarkan selama 11 bulan harus tetap menjadi perhatian. Pemprov Jabar dan Pemkab Garut harus membayarkan honor guru bantu pada tahun ini.

Hasanudin dari LBH Padjadjaran menyebut, menyebut, saat ini yang terpenting dan mendesak adalah mencari solusi. Menurutnya, pembayaran gaji guru bantu tak perlu menunggu hingga tahun depan.

“Waktunya terlalu lama menunggu tahun depan. Sekarang saja sudah 11 bulan tak dibayar,” ujar Hasanudin saat dihubungi, Kamis (12/11/2020).

Jika pemerintah serius dan bertanggung jawab terhadap guru bantu, maka bupati dan gubernur dapat membuat diskresi. Pasalnya honor guru bantu ini untuk kepentingan nyata dan mendesak menyangkut kepentingan umum.

“Harus dibayar saat ini juga. Sebelum tahun anggaran berakhir. Jika Pemda Garut atau Provinsi tidak membayar hingga akhir anggaran 2020 tahun ini. DPRD bisa minta hak angket,” katanya.

Diskresi ini juga untuk menutup mal administrasi atau kelalaian pemerintah. Para guru bantu tidak harus direpotkan dengan gugatan hukum karena honornya tak dibayarkan.

“Kasihan mereka sudah tidak dinafkahi pemda, malah harus berjuang menuntut haknya,” tukasnya.

Malah disebut Hasanudin, para guru bantu seharusnya mendapatkan bantuan tambahan penghasilan. Ke 63 guru bantu ini jadi yang terdampak pandemi Covid-19.

“Bukan malah tidak dibayar. Ini kejahatan kemanusian,” tandasnya.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan pembayaran honor guru bantu akan diselesaikan pada Januari 2021. Menurutnya, terjadi kesalahan administratif saat melakukan pengajuan.

“Mohon maaf karena ada kesalahan administratif. Bukan hanya di Garut (honor guru bantu tak dibayar), tapi kabupaten lain juga sama,” ujar Rudy.

Pihaknya juga sudah berbicara dengan Pemprov Jabar soal pembayaran honor guru bantu. Pada tahun depan, anggaran bagi guru bantu di Garut akan diselesaikan.

“Jadi dianggarkan dua kali lipat tahun depan. Kemarin kan ada recofusing anggaran (pengurangan). Jadi terlalu stressing ketika anggaran dikurangi. Pokoknya dibayar tahun depan,” katanya. (*)

Reporter : FW
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here