Siap-siap! Pendaftaran CPNS akan Dibuka Kembali, Berikut Syarat dan Ketentuannya

garutexpress.id- Kabar gembira untuk kalian yang telah menunggu kapan jadwal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dibuka.

Meskipun pada penerimaan CPNS 2020 sempat ditunda dikarenakan pandemi Covid-19, namun dikabarkan pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS 2021 pada bulan Maret 2021 mendatang.

Dengan demikian bagi Anda yang ingin ikut tes seleksi CPNS bisa mempersiapkan diri untuk pendaftaran dan penerimaan CPNS 2021 yang akan datang.

Namun, hal tersebut memberi waktu yang panjang untuk belajar dan mempersiapkan diri secara optimal.

Pemerintah telah memberi tahu bahwa akan membuka banyak formasi pada CPNS 2021 nanti. Seleksi CPNS 2021 membuka beberapa formasi yang telah tersedia dan bisa dilamar oleh Anda. Ada formasi untuk lulusan S1 atau D4 dan juga tersedia formasi bagi lulusan SMA dan D3.

Dilansir Jurnal Sumsel dalam artikel berjudul “Pendaftaran CPNS 2021 Segera Dibuka, Berikut Syarat Bagi Lulusan S1, Persiapkan Diri Anda!!!”, Terdapat syarat-syarat umum yang ditujukan ke seluruh pelamar seleksi CPNS 2021.

Berikut adalah syarat pendaftaran CPNS 2021:

Berusia 18-35 tahun saat melamar

> Tidak pernah dipenjara karena tindak pidana selama 2 tahun atau lebih,
> Tidak pernah diberhentikan sebagai PNS, prajurit TNI atau anggota Polri, Serta tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
> Bukan merupakan PNS, prajurit TNI dan anggota Polri, Bukan merupakan anggota partai, pengurus partai dan tidak terlibat dalam politik praktis.
> Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
> Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar
> Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.
> Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri atau Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan IPK minimal 2,75 untuk lulusan D3, 3,00 untuk S1 dan 3,20 untuk lulusan S2.

Bagi lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, Perguruan Tinggi dan Program Studi telah terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada saat kelulusan

Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri telah memperoleh penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri pada Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi.

Menguasai Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil TOEFL/TOEFL Preparation/TOEFL Prediction dalam 2 (dua) tahun terakhir dengan nilai minimal 450 (setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133/Internet Based TOEFL minimal 45/ TOEIC minimal 405/IELTS minimal 5,5)

Bagi pelamar pria dan wanita dilarang memiliki tato dan bagi pelamar pria dilarang memiliki tindik.

Sebelum mengikuti seleksi CPNS 2021, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh panitia baik syarat umum maupun syarat khusus yang nantinya akan diumumkan oleh masing-masing kementerian/lembaga yang Anda pilih. (*)

Reporter : Tim GE

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here