Kamojang Ecopark, Sebuah Destinasi Wisata yang Dikembangkan Perhutani KPH Garut

garutexpress.id- Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Garut terus mengembangkan destinasi wisata di kawasan hutan yang dikelolanya. Hal itu dilakukan untum meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di sekitar kawasan hutan dan membuat masyarakat lebih sadar lingkungan.

Administratur Perum Perhutani KPH Garut, Nugraha mengatakan, saat ini terdapat 18 titik destinasi wisata yang dikembangkan di kawasan hutan yang dikelolanya. Beberapa di antaranya terdapat di kawasan Gunung Papandayan, Karacak Valley, dan Kamojang Ecopark.

“Sekarang destinasi wisata di lahan perhutani juga terus berkembang,” tukasnya, Jumat (6/11)/2020).

Menurutnya, Perum Perhutani telah mengembangkan sektor pariwisata sejak 10 tahun terkahir. Saat ini, sektor pariwisata di Perhutani sudah menjadi bisnis ketiga.

Dijelaskannya, selama ini kan Perhutani hanya dikenal dengan produk kayu jati. Selain itu, ada juga getah yang menjadi andalan dari Perhutani. Namun, sekarang, sektor pariwisata mulai terus naik penghasilannya.

Related Post

Nugraha mengatakan, pengembangan destinasi wisata yang ada di kawasan Perhutani dibagi menjadi dua bagian. Ada destinasi yang dikelola secara mandiri oleh Perhutani, tetapi ada juga yang dikelola dengan kerja sama masyarakat.

Ditambahkannya, dengan pengembangan wisata ini, lingkungan di kawasan Perhutani dapat lebih terjaga.

“Dengan adanya wisata, masyarakat di sekitar wilayah itu lebih sadar untuk menjaga lingkungannya. Selain itu, dari masyarakat sekitar juga terbantu secara ekonomi. Karena kita juga sediakan tempat agar masyarakat bisa memasarkan kerajinannya di destinasi wisata yang ada,” ungkapnya.

Nugraha mengatakan, pihaknya juga terbuka jika ada masyarakat yang ingin mengembangkan destinasi wisaya di kawasan Perhutani. Kerja sama dengan masyarakat akan dilakukan dengan pola Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM).  “Jadi posisi masyarakat dikedepankan,” tandasnya. (*)

Reporter : BAP

Editor     : ER


Redaksi GE:
Leave a Comment

This website uses cookies.