Batal Pulang ke Indonesia, Begini Pernyataan Habib Rizieq Shihab

garutexpress.id- Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab kembali memberikan pengumuman terkait rencana kepulangannya ke RI. Habib Rizieq mengatakan pengajuan bayan safar dibatalkan oleh otoritas Saudi, namun diganti dengan perpanjangan visa.

Semula Habib Rizieq menjabarkan soal pengajuan bayan safar atau izin keluar dari Saudi. Ketika itu, lanjut dia, pihak imigrasi Saudi sudah mengonfirmasi Habib Rizieq bisa mendapatkan bayan safar, namun akhirnya batal.

Karena itu, pihak otoritas Saudi melihat saya tidak layak mendapatkan bayan safar. Karena itu, sekali lagi bayan safar itu dibatalkan dan kami sekeluarga tidak dapat exit permit, bayan safar, atau izin keluar dari Saudi.

“Tetapi kemarin siang pada saat tahap akhir kami datang ke imigrasian di Kota Jeddah, kami mendapatkan kenyataan ternyata akhirnya rencana bayan safar yang semula akan diberikan kepada saya dan keluarga dibatalkan. Jadi permohonan bayan safar itu yang semula diterima kemudian dibatalkan sehingga kami sekeluarga tak mendapatkan bayan safar,” jelas Rizieq dalam video yang diunggah akun YouTube Front TV, Kamis, 5 November 2020.

Rizieq menjelaskan soal pembatalan bayan safar itu. Dia mengatakan, jika menggunakan bayan safar untuk balik ke RI, dia bisa tercatat memiliki masalah di Saudi.

“Karena sifatnya daripada bayan safar itu tak menghapus overstay, sehingga kalau saya menggunakan bayan safar, dalam arsip saya di keimigrasian Saudi akan ada catatan buruk bahwa saya pernah melakukan kesalahan, overstay walaupun saya dimaafkan, dimaklumi, diizinkan pulang, tapi catatan itu menjadi buruk,” ujarnya.

“Karena itu, pihak otoritas Saudi melihat saya tidak layak mendapatkan bayan safar. Karena itu, sekali lagi bayan safar itu dibatalkan dan kami sekeluarga tidak dapat exit permit, bayan safar, atau izin keluar dari Saudi,” tambah Habib Rizieq.

Diketahui pentolan FPI Habib Rizieq Shihab telah mengumumkan jadwal perjalanan pulangnya ke Indonesia dan mengaku sudah melunasi pembelian tiket pesawat untuk pulang kampung.

Rizieq menyebut, dirinya akan terbang dari bandara Kota Jeddah, Arab Saudi pada Senin, 9 November 2020 pukul 19.30 waktu setempat, dengan nomor penerbangan SV 816.

“Pesawat kami akan tiba mendarat di Bandara Cengkareng hari Selasa, 10 November 2020 jam 9.00 pagi waktu Jakarta di terminal 3 Bandara Cengkareng,” kata Rizieq dalam kanal YouTube Front TV dilihat Rabu, 4 November 2020. (*)

Sumber : todayline.me


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here