Waduh! Ternyata Masih Banyak Aset Milik Pemkab Garut yang Tak Bersertifikat

garutexpress.id- Sejumlah aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Garut diketahui masih belum dilengkapi dengan sertifikat. Sementara, sebagian aset di antaranya masih dalam proses sertifikasi.

“Yang gede-gede, seperti Situ Bagendit-Banyuresmi, Situ Cangkuang-Leles, dan bangunan lainnya sudah bersertifikat,” kata Bupati Garut, Rudy Gunawan, usai serah terima sertifikat secara simbolis kepada warga melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Langsung (PTSL) di Kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional), Tarogong Kaler, Garut, Rabu (30/09/2020).

 

Menurut Rudy, kendala dalam pembuatan sertifikasi ini bukanlah soal biaya, tapi hanya ketidak lengkapan persyaratannya saja.

“Kalau Persyaratannya sudah lengkap, tentu BPN akan langsung memprosesnya. Makanya persyaratan itu harus dilengkapi,” tukasnya.

Sementara itu, terkait penyerahan sertifikat melalui PTSL, bupati memberikan apresiasi kepada pihak BPN. Karena BPN Garut telah membantu pembuatan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat.

“Saya sampaikan terima kasih kepada BPN yang telah dua kali mengundang Bapak Presiden untuk datang ke Garut dalam rangka penyerahan sertifikat kepada masyarakat,” katanya.

Kepala BPN Garut, Hayu Susilo mengatakan, penyerahan sertifikat kali ini merupakan bagian dari pelaksanaan program PTSL tahun 2020. Di tahun ini sedikitnya dari 34.000 bidang tanah masyarakat, di antaranya 10.000 bidang telah diselesaikan dan dserahkan kepada masyarakat.

“Secara bertahap kita terus menyelesaikannya, yang terpenting adlah kerjasama antara BPN, Pemkab Garut dan Pemerintah Desa dalam membantu program ini. Di antarnya dengan melengkapi syarat-syarat kelengkapan tanah, sehingga program ini bisa berjalan tepat waktu,” tandasnya. (*)

Reporter : Papap
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here