Minim Anggaran PJU, 4200 Titik Jalan Umum di Garut Gelap Gulita

garutexpress.id- Sejumlah titik jalan utama di kawasan perkotaan Garut saat ini masih gelap gulita. Kondisi memprihatinkan inidipicu minimnya fasilitas penerangan jalan umum (PJU).

Hal tersebut diakui Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman. Menurutnya, saat ini pihaknya mencatat, sedikitnya ada 4.200 titik jalan umum yang belum terfasilitasi PJU.

Kadisdhub menyebut, untuk memenuhi kebutuhan penerangan setiap titik memerlukan sekitar 5.000 PJU. Dari jumlah kebutuhan itu baru terpenuhi 800 titik, tersisa 4.200 titik belum terfasilitasi.

“Kebutuhan kita itu sekitar 5000 titik. Yang terealisasi baru 800 titik, 300 titik diantaranya hibah dari dua anggota DPR RI,” ungkspnya, kepada sejumlah awak media, Senin (05/09/2020).

Menurutnya, minimnya PJU di beberapa titik tersebut disebabkan persoalan klasik, yakni keterbatasan anggaran.

Pengadaan dan pemasangan PJU lebih diarahkan untuk pemanfaatan tata surya. Pasalnya, dari Kementrian diarahkan untuk PJU tata surya dan bisa ditempatkan di wilayah yang jauh dari jangkauan listrik.

Agus (39) salah seorang warga yang biasa melintas di kawasan Jalan. K.H. Hasan Arief sepanjang jalur Banyuresmi-Leuwigoong-Cibiuk hinggan ke arah Limbangan sangat minim PJU sehingga rawan kecelakaan.

“Ya, sepanjang jalan KH.Hasan Arif Banyuresmi-Leuwigoong-Cibiuk hingga menunu Limbangan sangat minim PJU. Beberapa kali aya juga hampir kecelakaan karena gelap gulitanya jalanan. Ini harus jadi perhatian pemerintah,” harapnya. (*)

Reporter : Tim GE
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here