Kasus Covid-19 Meningkat, Wabup Garut Khawatir Ada Klaster di Daerah Bencana

garutexpress.id- Berbagai bantuan untuk warga terdampak musibah banjir dan longsor mulai berdatangan ke kawasan Garut selatan. Tentunya berbagai bantuan itu disambut antusias warga, namun disisi lain, ada kekhawatiran tersendiri, terkait banyaknya orang dari luar Garut tersebut.

Yang dikhawatirkan apalagi kalau bukan wabah Covid-19 yang hingga saat ini belum sirna, bahkan di Garut belakangan ada peningkatan kasus konfirmasi positif Covid-19 yang cukup signifikan.

Hal iniliah yang dikhawatirkan Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman. Bahkan Helmi khawatir akan adanya klaster baru di daerah bencana itu.

”Jelas saya sangat khawatir, karena kan masyarakat kita belum sepenuhnya menerapkan adaptasi kebiasaan baru. Saya lihat di sana banyak sekali yang tidak menggunakan masker, saya berharap tidak tejadi adanya klasterdi tempat bencana,” Katanya, ditemui di rumah tinggalnya, Jum’at (16/10/2020).

Kekhawatiran Helmi bukan tanpa alasan, sebab katanya masyarakat di tempat bencana belum sepenuhnya menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB), dengan tidak memakai masker dan banyak kerumunan masa. Karena itu, lanjut Helmi perlu ada sosialisasi khusus AKB di tempat bencana.

Kekhawatiran Wakil Bupati, Helmi semakin bertambah, karena pada Kamis kemarin di Garut terdapat penambahan kasus positif Corona sebanyak 27 orang.

”Penambahan 27 ini merupakan peningkatan yang sangat tinggi, saya menghimbau kepada masyarakat supaya lebih berhati hati lagi terhadap penyebaran virus ini, karena sekarang ini makin sulit diprediksi, banyak yang terkena, padahal yang bersangkutan tidak pernah melakukan perjalan ke luar Garut yang merupakan daerah zona merah,” Ungkapnya.

Dikatakan Helmi, sekarang ini di Garut semakin banyak orang tanpa gejala (OTG) yang berpotensi menyebarkan Covid 19 kepada orang lain, walaupun untuk dirinya tidak membahayakan. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar lebih waspada lagi. (*)

Reporter : Jay Wijaya
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here