Jalankan Agenda Lima Tahunan, Abpedsi Garut Selenggarakan Musda

Garutexpres.id – Asosiasi badan permusyawaratan desa seluruh indonesia (ABPEDSI) Kabupaten Garut, melaksanakan musda sekaligus memberikan bimbingan tekhnis kepada para peserta.
Kegiatan ini berlangsung di gedung islamic centre Garut.
Setelah melakukan registrasi, semua peserta mengikuti pembukaan acara yang di laksanakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Garut, Aji Sekarmaji.

Dalam sambutannya, Aji mengatakan betapa pentingnya peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam peningkatan kapasitas di setiap desa, baik dalam infrastruktur, maupun dalam hal peningkatan pemberdayaan masyarakatnya.

Menurut Aji, kegiatan ini merupakan program kerja bagi asosiasi BPD dalam rangka upaya memajukan desa yang ada di Kabupaten Garut. Dalam Musda ini akan ada pembahasan mengenai hal-hal yang ada di setiap desa.

Sehingga pemerintah bisa lebih tau apa yang harus di lakukan ke depan. Semua saran dan masukan masyarakat melalui BPD harus di tampung oleh pihak desa, sehingga menghasilkan sesuatu yang positif untuk kemajuan desa itu sendiri.
Intinya, kata dia, Kepala desa dan semua aparatnya harus seirama dengan BPD. Jika hal itu bisa di laksanakan, kata dia, maka pembangunan di setiap desa yang ada di Kabupaten Garut akan berjalan baik.

Ketua panita Musda Abpedsi Garut, Dikdik Ganiswara menuturkan, Musda ini merupakan agenda lima tahunan yang harus di laksanakan, karena sudah menjadi AD ART Abpedsi.

Peserta yang hadir adalah perwakilan dari 25 Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) yang sudah membentuk asosiasi dari 42 Kecamatan yang ada di Kabupaten Garut, Rabu (27/10/2020).

Related Post

Isi dari acara Musda ini adalah untuk melakukan konsolidasi organisasi Abpedsi dalam rangka memahami tupoksi BPD. Selain itu, silaturahmi antar sesama anggota BPD menjadi hal penting dalam Musda ini.

“Yang tak kalah penting lagi, nanti akan di adakan pemilihan kepengurusan Abpedsi Kabupaten Garut, yang akan di laksanakan sesuai dengan aturan yang ada,” kata Dikdik.

Setelah itu, untuk menciptakan kondusitivitas di setiap desa, Musda ini merupakan kesempatan bagi semua peserta untuk menyampaikan program kerja ke depan. Diantaranya bagaimana cara mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Disamping itu, akan di bahas juga tentang bagaimana peran BPD, monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan kegiatan di desa masing-masing,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan garutexpress.id saat Musda, Dik Dik Ganiswara terpilih sebagai ketua Abpedsi yang baru untuk periode 2020-2025. Sementara, Arifin Nurseha terpilih sebagai sekretaris umum berdasarkan hasil voting. Useu G Ramdani***

Ketua Panitia Musda Abpedsi Garut, Dik Dik Ganiswara


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.