Banjir di Pameugpeuk Garut Surut, Warga Mulai Bersihkan Lingkungannya

garutexpress.id- Banjir di kawasan Garut selatan, khususnya di wilayah Pameungpeuk dilaporkan mulai surut. Kini warga setempat bergotong-royong membersihakan sisa-sisa banjir  sperti lumpur di lingkungannya, Senin (12/10/2020) siang.

Sebelumnya, warga di kawasa tersbut sempat dibuat panik dengan banjir  yang mulai merendam pemukiman sejak pukul 02.30. WIB.

Ateng Juhana (62), warga Kampung Sukapura, Desa Mandalakasih, Kecamatan Pameungpeuk menyebut, hujan mulai melanda kampungnya pada Minggu (11/10/2020) pukul 18.30. Sekitar pukul 22.00, WIB air dari Sungai Cipalebuh mulai meluap.

“Warga sudah waspada mau banjir soalnya debit air terus meningkat. Jam setengah 3 subuh, air sudah mulai naik dan banjir terjadi menjelang subuh,” ucap Ateng.

Air merendam rumahnya setinggi pinggang orang dewasa. Sejumlah barang berharga di dalam rumah ikut terendam air dan tak bisa diselematkan.

“Saya sama keluarga memilih menyelematkan diri. Tidak mikir barang-barang dulu. Soalnya air juga cukup deras,” ujarnya.

Menurutnya, ada dua RW di tempat tinggalnya yang terendam banjir. Meski banjir sudah surut, namun endapan lumpur masih berada di rumah-rumah warga.

“Banyak barang yang rusak terendam banjir. Ini lumpur masih ada di dalam rumah. Sedikit-sedikit dibersihkan dan dikeluarkan lumpurnya ke luar,” ungkapnya.  (*)

Reporter : FW

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here