Villa Sadiah, Bentuk Sinergitas Masyarakat Selaawi dengan Pemerintah

Suasana Villa Sadiah di kawasan Kampung Tanjung, Desa Selaawi, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut.***

garutexpress.id – Berawal dari amanat ibunda tercinta untuk membuat tempat kumpul keluarga, kini Villa Sadiah menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi rangkaian paket wisata di Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut.

Terletak di Kampung Tanjung, Desa Selaawi, Kecamatan Selaawi, Vila Sadiah menjadi lokasi yang sangat strategis untuk menyejukan diri. Panorama alam nan indah dengan hamparan sawah yang terbentang luas membuat semua orang terpesona saat menginjakan kaki di area Villa Sadiah ini.

Di tambah lagi dengan kesejukan air alam yang ditampung dalam beberapa buah kolam renang yang sengaja dibangun untuk menambah kenyamanannya.

Ada yang menarik mengenai Villa Sadiah tersebut. Walaupun merupakan aset ptibadi, saat peresmiannya terkesan elegan dengan hadirnya Bupati Garut yang menandatangani prasasti peresemian bersama jajaran muspida lainnya.

H. Ayi Pariana Solihin, S.E M.M (Tengah) Pemilik Villa Sadiah Selaawi-Garut.***

Usut punya usut, rupanya Villa Sadiah ini rencananya akan menjadi partner pemerintah dalam program wisata di Kecamatan Selaawi.

Menurut pemilik Villa Sadiah, H. Ayi Pariana Solihin, S.E. M.M, awlanya villa ini dibangun untuk tempat kumpul keluarga besarnya. Oleh karena itu, nama vilanya pun diambil dari nama ibunda tercintanya sendiri.

“Tetapi dengan adanya program pemerintah dalam bentuk pengembangan kawasan di Selaawi, menjadi satu kebanggan jika Villa Sadiah menjadi satu rangkaian paket dalam program tersebut. Sebagai regulator yang mempunyai kebijakan, pemerintah mempunyai kepedulian atas kegiatan yang kami lakukan. Tentu saja kamipun merespon kembali apa yang menjadi niat baik pemerintah itu. Insa Alloh, Infrastruktur yang kami buat ini bisa memberikan manfaat untuk pemerintah dan masyarakat,” tutur H. Ayi, Sabtu (19/09/2020).

Dalam rangkaian paket wisata di Selaawi, tentu memerlukan satu tempat untuk beristirahat dan mekan yang layak. Vila Sadiah bisa memberikan semua itu bagi para pengunjung yang datang ke Selaawi.

Ayi yang ternyata merupakan ketua Asosiasi Pengusaha Bauksit Indonesia ini menambahkan, di tengah pandemi Covid-19, tentu pemerintah dan masyarakat sangat konsen dalam situasi seperti ini.

“Maka semua masyarakat harus bisa menjadi inisiator untuk mendukung pemerintah dalam semua hal yang positif,” katanya.

Selain view yang keren, di Vila Sadiah juga menyediakan fasilitas lainnya saperti vila-vila kecil untuk istirahat, sanggar kesenian, kolam pemancingan, peternakan ayam, peternakan domba dan peternakan sapi.

“Walaupun awalnya hanya untuk keperluan keluarga, tetapi jika ini semua bisa memberikan manfaat untuk semua masyarakat tentu saya akan lebih senang,” ujarnya.

Selain hal-hal tadi, tambah Ayi, pengelola Villa Sadiah sudah membentuk koperasi yang beranggotakan masyarakat sekitar. Sampai saat ini sudah ada dua ratus orang yang bergabung dalam koperasi kami. Mudah-mudahan apa yang kami punya dan semua yang kami lakukan ini bisa betul-betul memberikan manfaat positif bagi pemerintah dan masyarakat,” pungkasnya.(*)

Reporter : Useu G Ramdani
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here