Tolak RUU Omnibus Law, Kaum Buruh Datangi Kantor Bakorpembang Garut

garutexpress.id- Sejumlah kaum buruh menggelar aksi turun ke jalan sebagai bentuk penolakannya terhadap Rancangan Undang Undang (RUU) Omnibus Law. Para burhuh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) tersebut menyampaikan aspirasinya dengan mendatangi kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorpembang) Wilayah IV, yang berlokasi di Jalan A yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (24/09/2020).

Saat menggelar aksi, nampak para buruh mengusung berbagai poster dengan tulisan bernada penolakan dan minta membatalkan RUU Omnibus Law yang dinilai merugikan mereka selaku buruh.

Yusep, selaku kordinator aksi tersebut mengatakan, di dalam RUU Ominbus Law tersebut banyak hal-hal krusial untuk kaum buruh.

“Makanya sebelum kita melakukan aksi ini kita melangkah terlebih dahulu ke Disnaker untuk merundingkan agar nantinya bisa dimediasi. Saat ini kita melakukan pertemuan dengan UPT Pengawasan Bakorpembang Wilayah IV. Usai dari sini kita lanjutkan aksi ke DPRD Garut. Di sanalah kita nanti akan menuntut penolakan RUU Omnibus Law,” ungkapnya.

Selain menolak RUU Omnibus Law, menurut Yusep, KASBI juga hendak menyampaikan tuntutan buruh lainnya, semisal soal PHK kepada pemeritah dan wakil rakyat.

“Selain penolakan RUU Omnibus Law, kami juga menolak PHK bagi kaum buruh serta memiminta agar Para pekerja yang dirumahkan dibayar. Kita juga meminta agar biaya sekolah dan kuliah dimasa pandemi Covid-19 seperti dibebaskan, dan menuntut pemerintah agar fokus menangani penyebaran virus Covid-19,” pungkasnya. (*)

Reporter : Zenal
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here