Siswa di Garut Segera Dapatkan Bantuan Kuota dan Kartu Perdana

Garutexpress.id – Siswa di Kabupaten Garut, Jawa Barat segera mendapatkan bantuan kuota data dan kartu perdana. Rencanya bantuan ini akan diberikan dua pekan ke depan.

“Kita butuh waktu satu minggu untuk melakukan pendataan. Minggu berikutnya kartu perdana dan kuota sudah bisa dibagikan,” kata Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Jabar Wilayah XI Kabupaten Garut, Asep Sudarsono, Jumat (4/9/2020).

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menjalin kerja sama dengan Telkomsel untuk memberikan bantuan kartu perdana dan kuota internet yang dapat digunakan guru dan siswa melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19.

Saat ini pihaknya, masih melakukan pendataan siswa yang memiliki gawai untuk diberikan bantuan. Sebab, belum seluruh siswa di Kabupaten Garut memiliki gawai untuk melakukan PJJ.

“Kalau ada siswa yang tak punya, kita delegasikan ke orang tua. Kalau dua-duanya tak punya, kita akan coba bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memudahkan siswa memiliki handphone. Misalnya, sekolah untuk membelikan dan nanti pembayarannya dicicil,” katanya.

Terkait pendistribusiannya, pihak sekolah akan diundang untuk datang ke KCD Pendidikan Garut untuk mengambil bantuan kartu perdana itu.

Related Post

Sementara itu, Dewi Pramesti (16), siswi SMKN 1 Garut menyebut pihak sekolah sudah melakukan pendataan untuk penerima bantuan. Nantinya para siswa akan mendapat kartu perdana dari salah satu provider.

“Minggu depan kartu perdananya sudah bisa diambil ke sekolah. Cuma untuk bantuan kuotanya belum tahu kapan,” ucap Dewi.

Dewi mengaku, selama pandemi Covid-19, setiap bulannya harus membeli paket kuota sebesar Rp 100 ribu. Semua materi pembelajaran dari guru diberikan secara daring.

“Kalau ada bantuan bisa mengurangi beban buat beli kuota. Terus enggak takut habis kuota. Soalnya kan dapat 30GB lebih,” katanya. (*)

Reporter: Awis
Editor: Citra Kharisma


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.