Resmi Dilantik, DPM IPI Periode 2020-2021 Siap Mengemban Amanah

garutexpress.id- Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) merupakan bentuk dari badan legislatif mahasiswa yang ada di Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut. Badan legislatif mahasiswa beranggotakan wakil-wakil mahasiswa yang dipilih melalui mekanisme tertentu. Seorang wakil mahasiswa mengemban amanat untuk menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa untuk menjadi suatu kebijakan (legislator).

Wakil mahasiswa dituntut untuk dapat sensitif dalam mendengarkan keluhan mahasiswa serta aktif dalam menuangkan pemikiran untuk menyusun suatu kebijakan yang akan diberlakukan dalam lingkungan mahasiswa.

Seorang wakil mahasiswa dituntut untuk mampu turun ke bawah untuk menampung aspirasi mahasiswa sebesar-besarnya dan menuangkannya dalam suatu forum kerja yang berupa rapat-rapat serta sidang umum.

Badan legislatif mahasiswa dituntut harus mampu menuangkan terobosan-terobosan yang bersifat inovatif dalam hal kebijakan-kebijakan sehingga fungsi legislatif tersebut berjalan secara optimal.

Itulah sekelumit tugas dan fungsi keberadaan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) di suatau kampus.

Untuk menjalankan fungsi DPM yang optimal, Dewan Perwakilan Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Periode 2020-2021 secara resmi dilantik. Prosesi [pelantikan yang dipimpin langsung rektor IPI Dr., H Nizar Alam Hamdani, M.M., M.T., di Aula Gedung G IPI Garut, Rabu (16/09/2020).

Sealin rektor, agenda pelantikan DPM juga dihadiri pula oleh Wakil Rektor III Dr. Endang Dimyati, M.Pd., Kabang De Budi Irwan Taufik, M.Pd, dan Staf Rivan Syahrul Palah, M.Pd Warek III bidang kemahasiswaan, serta dihadiri pula oleh pengurus KBM IPI secara daring (online).

“Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pengurus DPM Periode 2019-2020 yang telah berdedikasi menjalankan fungsi pengawasan, keuangan, dan legislasi untuk Institut Pendidikan Indonesia sehingga melahirkan banyak kebijakan yang berdampak pada prestasi baik di akademik maupun non akademik,” ungkap Rektor Institut Pendidikan indonesia, dalam pidato sambutannya.

Rektor IPI menambahkan, DPM Periode 2020-2021 ini menjadi tanggung jawab yang besar untuk diemban.

“Dari hari ini menjadi awal amanah besar yang harus di jaga dan dirawat untuk kembali mengharumkan nama kampus tercinta Institut Pendidikan Indonesia,” ungkapnya.

Diharapkannya, DPM yang baru saja dilantik bisa bersinergi dengan pihak jajaran Rektor, juga bersinergi bersama Mahasiswa Institut Pendidikan Indonesia. (*)

Reporter : Tim GE
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here