Prosesi Makan Besar Menutup Syukuran HUT RI ke 75 di Mekarasih-Malangbong

garutexpress.id- Menutup seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka syukuran kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75, warga Desa Mekarasih, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut menggelar ‘Hajat Lembur’ dengan prosesi makan besar di tengah lapang Sirnasari, Minggu (14/09/2020).

Selain makan besar bersama, seluruh warga juga dengan barisan sepanjang 50 meter kegiatan dilanjutkan dengan pesta rakyat.

Ketua panitia sekaligus ketua RW 05 Kampung Sirnasari, Desa Mekarasih Adli, menjelaskan, sebelumnya warga mengikuti jalan santai berhadiah seekor domba dengan rute sepanjang 7 Km dari halaman kantor Desa Mekarasih menuju lapang merah Sirnasari.

“Jalan santai sendiri diikuti oleh ratusan warga dari berbagai lapisan masyarakat, perangkat desa, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas, juga seluruh lembaga Desa,” ungkapnya.

Menurutnya, warga sangat antusias mengikuti berbagai acara rutinan tahunan ini meski situasi tengah pandemi Covid-19.

“Seumur saya ingat lahir dan dibesarkan di Kampung Sirnasari baru tahun ini kegiatan hajat lembur syukuran kemerdekaan RI dipusatkan di Kampung Sirnasari RW05. Biasanya kegiatan selalu dipusatkan di Ciwalur Kantor Desa Mekarasih,” ujar Asep Rahmat, salah seorang warga setempat.

Ia menambahkan, berbagai kegiatan digelar mulai dari main rebutan, tarik tambang, panjat pinang hingga senam massal.

Sementara itu, ketua Karang Taruna Asep Kosim mengaku puas dengan suksesnya kegiatan itu. Dalam kesempatan itu, Karang Taruna Desa Mekarasih memberikan santunan kepada ratusan anak yatim, juga membagikan sembako kepada para jompo.

“Kegiatan sosial ini memang sudah menjadi tradisi karang taruna sejak kepengurusan yang terdahulu. Biasanya digelar di momen hari lahir karang taruna 26 September. Namun, kali ini dilaksanakan bertepatan pula dengan agenda hajat lembur warga Desa Mekarasih, ” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Mekarasih Dadan Wildan menjelaskan, tahun ini dan mungkin seterusnya hajat lembur ini akan digelar berkeliling ke tiap wilayah.

“Tahun ini kegiatan dipusatkan di wilayah RW.05 atas kerjasama pemerintah Desa Mekarasih dengan segenap warga,lembaga desa termasuk pengurus karang taruna,” ucapnya.

Dalam sambutanya, Dadan mengingatkan, meski acara hiburan rakyat digelar ramai namun warga harus mengikuti protokol kesehatan, setidaknya warga menggunakan masker.
Disamping itu, Ia juga mengingatkan agar warga tetap bijak untuk melunasi pajak bumi dan bangunan.

“Meski kita tengah senang-senang, hiburan tapi mohon agar warga yang belum melunasi pajak segera dilunasi. Karena pajak bumi dan bangunan bukan kewajiban Desa atau kewajiban indvidu,” pungkasnya. (*)

Reporter : TAF Senopati
Editor     : Sidqi Al Ghifari


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here