Lagi-lagi Korsleting Listrik Sebabkan Satu Rumah di Malangbong Habis Terbakar

Garutexpress.id,- Satu unit rumah di Kawasan Kampung Cirawa , RT02/RW01, Desa Mekarasih, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut hangus terbakar. Kejadian munculnya kobaran api di kawasan tersebut terjadi sekira pukul 16.30 WIB, Senin (28/09/2020).

Diketahui rumah tersebut milik salah satu kader Desa Mekarasih, Ai Anah. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu, namun kerugian material ditaksir puluhan juta rupiah.

Proses pemadaman api dibantu warga setempat yang kemudian api berhasil dipadamkan satu jam kemudian.

Menurut Agus ketua RW setempat, penyebab api muncul diduga karena korsleting listrik dan kemudian api muncul dengan cepat meluluh lantakan bangunan.

“Saat kejadian pemilik rumah tengah ngecas HP, kemungkinan terjadi percikan listrik akibat koslet lalu mengenai bagian rumahnya,” ucap Agus kepada Garutexpress.id.

Sementara itu Ai Anah hanya bisa pasrah pasca si jago merah menelan habis rumahnya.

“Ini musibah dari Allah Swt, apapun bisa musnah bila ALLAH Sudah berkehendak. Semoga saja ada Hikmah dibalik ini semua . Ujarnya lirih.

Sebelumnya melansir dari Pikiran-Rakyat.com, Kepala Bidang Operasi Dinas Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut, Wawan Sobarwan, menyebutkan pada musim kemarau seperti sekarang ini, kebakaran memang menjadi momok menakutkan. Kondisi udara yang kering dan bahan yang mudah terbakar serta konsleting menjadi penyebab utama serinya terjadi peristiwa kebakaran.

“Akhir-akhir ini di Garut memang cukup sering terjadi peristiwa kebakaran sehingga kami mengimbau agar warga lebih waspada,” ucap Wawan.

Untuk mencegah terjadinya kebakaran yang disebabkan konsleting listrik, Wawan menyarankan agar warga menghindari penggunaan peralatan dengan beban kapasitas listrik yang berlebih. Selain itu, warga juga diimbau melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap instalasi listrik di rumahnya.

Penulis : TAF Senopati
Editor : Sidqi Al Ghifari


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here