KPM-PKH di Kabupaten Garut Kini dapat Bantuan Beras

garutexpress.id- Selain menerima bantuan dalam bentuk uang tunai, kini Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) juga menerima bantuan dalam bentuk beras. Bantuan beras yang disuplay oleh puhak Bulog tersebut dibagikan langsung kepada masyarakat penerima.

Di Kabupaten Garut, pendistribusian beras bantuan itu sudah mulai dilakukan. Walaupun tidak serentak dalam waktu sehari. Semua KPM-PKH di Kabupaten Garut dipastikan akan menerima beras bantuan dengan berat yang sama, yaitu 45 kilo gram.

Beras dengan kualtias medium ini dikemas dalam karung dengan berat 15 kilo gram setiap karungnya. Program bantuan beras untuk para KPM PKH ini terhitung mulai bulan Agustus hingga Oktober 2020. Dengan demikian, setiap KPM-PKH akan mendapat 15 kilo gram di setiap kali pembagiannya selama tiga bulan, maka totalnya akan mendapat 45 kilo gram.

Pendistribusian beras bantuan tentu saja harus sesuai dengan prosedur. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan, semua pihakpun turut ambil bagian. Dari mulai pendamping PKH tingkat desa, hingga Kabupaten ikut mengawasi jalannya pendistibusian beras kepada masyarakat penerima.

Selain Pendamping PKH, tentu saja pihak pemerintahpun melakukan pengawasan ketat di titik-titik pembagian beras bantuan.

Di Kabupaten Garut sendiri, jumlah masyarakat yang menerima bantuan beras ini jumlahnya mencapai 140.778 orang yang masuk sebagai anggota penerima bantuan PKH.

Hal tersebut diungkapkan koordinator PKH Kabupaten Garut, Aceng Achmad Khotib saat memantau pendistribusian beras bantuan di Desa Pasangrahan, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Rabu (30/09/2020).

Menurut Aceng, penyaluran beras bantuan ini sudah melalui perencanaan yang matang. Bahkan sebelum disalurkan kepada masyarakat, beras ini sudah melalui uji coba kelayakan, dengan cara dimasak dan dimakan bersama para pejabat Kabupaten Garut termasuk bupati.

“Jadi, beras bantuan tersebut layak untuk dikonsumsi. Kami sebagai koordinator PKH tingkat Kabupaten berkewajiban untuk memastikan bahwa beras bantuan ini sampai kepada penerima. Oleh karena itu, semua personil terjun ke lapangan. Alhamdulillah, selama jalannya pendistribusian beras, semuanya terlihat kompak. Saat beras bantuan tiba di titik yang sudah ditentukan sebelumnya, terlihat para pendamping dan juga Camat Cilawu hadir di lokasi. Itu tandanya bahwa semua pihak ikut mendukung,” ungkapnya.

Sementara itu, seorang KPM-PKH asal Desa Pasanggrahan, Kecamatan Cilawu, Titin Nurwati (49) mengaku sangat senang dengan adanya beras bantuan PKH ini.

“Sangat senang tentunya, bantuan beras ini sangat membantuuntuk memenuhi kebutuhan pangan keluarganya. Apalagi di saat pandemi covid-19 ini,” tutur Tiin.

Usai mengantri, dengan sumringah, Titin dan sejumlah warga lainnya segera bergegas membawa beras bantuan program PKH tersebut ke rumahnya masing-masing. (*)

Reporter : Useu G Ramdani
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here