Klinik di Garut Ditutup Akibat Kasus KC-80, Puskesmas dan RS Jadi Prioritas Tes Usap

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman saat meninjau pelaksanaan tes usap di RSUD dr Slamet Garut, Selasa (1/9/2020).*

Garutexpress.id – Pascaditetapkan kasus positif terhadap KC-80 seorang perempuan usia 47 tahun asal Kecamatan Tarogong Kidul, salah satu klinik ditutup sementara. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui hasil pemeriksaan orang yang terpapar.

“Mengenai penutupan sementara salah satu klinik, menurut Helmi, hal itu dilakukan hanya sementara saja, karena untuk menunggu hasil pemeriksaan yang terpapar, dua atau tiga hari diharapkan selesai,” kata Wakil Bupati Garut, dr. Helmi, Selasa (1/9/2020).

Wabup Helmi juga menjelaskan, saat ini penyebaran virus masih terindikasikan dari luar Kabupaten Garut dan tranmisi lokal juga memang banyak terjadi.

Oleh sebab itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten Garut menargetkan swab test (tes usap) minimal 23.000. Hingga saat ini, sudah 13.000 orang yang telah melaksanaka tes usap atau kurang lebih setengahnya dari target sudah dilakukan.

“Nanti sisanya kita kejar, September sampai dengan Oktober. Untuk disini hari ini sekitar 300 orang,” kata Helmi saat meninjau pelaksanaan tes usap kepada 300 pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut.

 

Menurut Helmi, kalau keseluruhan rumah sakit bisa sekitar 1.500 orang, kemungkinan dalam jangka waktu seminggu baru selesai. Untuk alatnya, Pemkab Garut telah membeli sendiri, serta bantuan dari BNPB dan Gubernur Jawa Barat.

“Dengan tersedianya alat sekitar 290 orang perhari bisa diperiksa swab,” jelasnya.

 

Wabup Helmi menyatakan, seharusnya pegawai puskesmas dan rumah sakit menjadi prioritas utama dalam swab test sebelum tes kepada pasien Covid-19, tapi baru saat ini bisa dilaksanakan.

“Sebenarnya, puskesmas, rumah sakit itu prioritas utama. Ini baru dilaksanakan karena mereka selama ini betul-betul fokus melayani, makanya kita melaksanakan pemeriksaan, mudah-mudahan tidak ada yang positif,” tambah Helmi.(*)

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman saat meninjau pelaksanaan tes usap di RSUD dr Slamet Garut, Selasa (1/9/2020).*

Reporter: Mahesa
Editor: Citra Kharisma


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here