Dijanjikan Deposito Emas, Anggota Baru Paguyuban Tunggal Rahayu Diharuskan Setor Sejumlah Uang

garutexpress.id-  Aparat berwajib terus menyelidiki keberadaan Paguyuban Sunda Rahayu. Terungkap, Sejumlah anggota yang bergabung dengan Paguyuban Tunggal Rahayu diharuskan menyetor  uang pendaftaran. Orang yang tertarik untuk bergabung, dijanjikan akan mendapat deposito emas.

Menurut Kasatreskrim Polres Garut, AKP Maradona Armin Mappaseng, setiap orang yang akan bergabung diharuskan membayar uang pendaftaran. Besarannya variatif, mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 600 ribu.

“Soal uang pendaftaran ini sudah jadi fakta yang ditemukan. Berdasarkan hasil keterangan mantan anggota yang kami periksa,” ucap Maradona, Rabu (9/9/2020).

Dari empat saksi yang merupakan mantan anggota paguyuban, mereka tidak mengetahui sola pembuatan lambang Garuda. Termasuk tujuan pendirian organisasi itu.

Mereka tertarik untuk bergabungkarena dijanjikan sesuatu. Yakni pencairan deposito emas yang berada di Bank Swiss.

“Tapi setelah bergabung beberapa lama, mereka ragu dengan janji dari pimpinan paguyuban itu. Akhirnya mereka memilih keluar,” katanya.

Fakta lain yang ditemukan polisi dari hasil pemeriksaan tersebut yakni adanya tipu muslihat dari pimpinan paguyuban kepada calon anggota. Mereka meyakinkan orang yang ingin bergabung dengan uang pendaftaran.

“Perkara penipuan ini bisa dijerat pasal 378, 379 yakni penipuan sebagai mata pencaharian,” ujarnya.

Terkait jumlah anggota paguyuban itu, Maradona mengaku belum mengetahui pasti. Para saksi yang diperiksa memberikan keterangan yang berbeda.

“Keterangan saksi masih beda-soal jumlah anggota. Ada yang menyebut di bawah 100, di bawah 200,” tukasnya.

Maradona mengklaim jika sudah tak ada aktivitas paguyuban tersebut di Kecamatan Cisewu. Bahkan sudah tak ada anggota yang aktif dalam organisasi itu. (*)

Reporter  :  FW

Editor       :  ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here