Diduga Infeksi Lokal, Dalam Sepekan Kasus Positif Covid-19 di Garut Capai 70 Kasus

garutexpress.id- Dalam sepekan terakhir, terjadi penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut capai 70 orang. Jumlah tersebut jadi yang tertinggi sejak pandemi melanda di bulan Maret 2020.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, menyebut rata-rata dalam sehari terjadi penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 15 orang. Peningkatan tersebut sejalan dengan meningkatnya angka kematian.

“Peningkatan angka kematian mencapai 125 persen dalam dua pekan ini. Kenaikannya sangat drastis dibanding bulan lalu,” ujar Rudy, Selasa (22/09/2020).

Penyebaran virus corona di Kabupaten Garut kini disebabkan oleh infeksi lokal. Artinya penularan sudah terjadi antara warga asli Garut. Pemkab Garut pun memutuskan status darurat Covid-19 dengan peningkatan kasus tersebut.

“Bukan lagi disebabkan warga yang datang dari luar kota. Tapi virusnya sudah ada di Garut dan bisa menularkan ke warga,” katanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Garut, Asep Surahman, mengatakan perlu diberlakukan pembatasan sosial di beberapa daerah yang dianggap krusial.

Asep mengusulkan beberapa lokasi perlu diberlakukan pembatasan sosial. Di antaranta di Kecamatan Garut Kota, Karangpawitan, Banyuresmi, Sukawening, Bayongbong, Cilawu, dan Cikajang.

“Kami sudah membuat rancangan Perbup Nomor 48 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) dalam penanganan Covid-19. Terutama yang mengatur hal yang berhubungan dengan zona perbatasan wilayah, jam malam dan lain sebagainya,” ujar Rudy.

Rudy menyatakan, akan mengkaji segala masukan di antaranya penerapan PBSM di beberapa tempat yang telah diusulkan. Pihaknya juga terus melakukan tracing dan tracking untuk menelusuri penyebaran virus corona.

“Kami juga menyediakan layanan perawatan bagi kasus sesuai kriteria gejala, mengatur jam kerja Work From Home (WFH), dan mengadakan survei tingkat kepatuhan menjalankan protokol kesehatan pada masyarakat Garut,” tuturnya. (*)

Sumber: pr


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here