Website Eror Saat Pandemi, Warga: Pelayanan Disdukcapil Garut Payah

Website Eror Saat Pandemi, Warga: Pelayanan Disdukcapil Garut Payah

Garutexpress.id – Warga Garut kelimpungan saat website resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Garut mengalami gangguan. Sudah dua minggu web andalan Pemkab Garut itu tidak bisa diakses warga.

“Saya nunggu sudah dua minggu mau buat KTP sampai sekarang masih belum bisa diakses. Padahal saat pandemi seperti sekarang pelayanan online sangat dibutuhkan,” kata Rangga (21), warga Desa Cigawir, Kecamatan Selaawi, Garut, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020).

Rangga mengaku ia bermaksud mencetak KTP baru untuk kebutuhan melamar kerja. Sampai saat ini KTP belum bisa diproses.

“Saya bingung online websitenya malah eror. Sementara kantor pelayanan tutup. Jadi harus gimana,” keluhnya.

Rangga berharap Pemkab Garut bisa lebih meningkatkan kinerja. Agar pelayanan warga bisa lebih baik lagi.

“Waduh payah banget pelayanan Pemkab Garut. Buat KTP saja susah. Apalagi urus yang lain,” ucapnya.

Warga lainnya, Heri (26), mengaku sudah lama mengisi formulir secara online namun sampai saat ini masih belum jadi. Padahal, KTP yang ia ajukan sudah dilakukan secara online sejak wrbsitenya masih bisa diakses.

“Payah kinerjanya Disdukcapil. Sebaiknya dievaluasi,” harapnya.

Padahal sebelumnya, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman mewanti-wanti Kadisdukcapil agar meningkatkan pelayanan publik terkait pembuatan data kependudukan.

“Sesibuk apapun pelayanan kepada masyarakat harus diemban dengan sepenuh hati,” tegasnya pada Kepala Disdukcapil, Rina Siti Sabariah, Sekretaris dan para kabid, Kamis (16/1/2020).

Terkait website yang rusak, sampai berita ini diturunkan belum ada tanggapan dari pihak Disdukcapil. Bahkan, Kepala Disdukcapil, Rina Siti Sabariah, saat dihubungi melalui pesan singkat belum memberikan jawaban.

Diberitakan sebelumnya, beredar luas pesan broadcast melalui aplikasi pesan WhatsApp tentang link googleform pelayanan administrasi kependudukan yang mengatasnamakan Disdukcapil Garut, sebagaimana diketahui beberapa waktu lalu Disdukcapil Garut merilis pelayanan administrasi kependudukan berbasis elektronik melalui situs http://pasti-oke.disdukcapil.garutkab.go.id. namun baru beberapa bulan situs tersebut sudah tidak bisa diakses.

Menurut Agus, salah-seorang perangkat desa di Kecamatan Bayongbong mengaku cukup kesulitan dengan kondisi saat ini akibat situs Disdukcapil yang tidak bisa diakses dan baru hari ini ia menerima link googleform pelayanan administrasi kependudukan melalui pesan WhatsApp.

“Sudah sekitar seminggu gangguan (situs http://pasti-oke.disdukcapil.garutkab.go.id tidak dapat diakses), baru hari ini ada pesan link googleform pelayanan administrasi sementara”, tutur Agus.

Ia pun mengaku cukup pusing dengan adanya link tersebut karena sulit melihat progres sudah sejauhmana pelayanan administrasi yang ia isi melalui googleform tersebut, selain itu ia juga mengaku khawatir tentang kemaanan data yang ia isi melalui googleform tersebut.

“Aya lieuran, da teu katingal prosesna tos dugi mana, katambih rada hariwang perkawis kemaaman data nu dikintun teh”, tambahnya.

Dari pantauan garutexpress.id situs hanya menampilkan tulisan situs menolak untuk terhubung. Sedangkan ketika link googleform http://gg.gg/LAYANAN_ONLINE_DISDUKCAPIL_GARUT_2020 muncul tampilan seperti ini,

Sampai berita ini diturunkan, garutexpress.id mencoba untuk mengonfirmasi kebenaran link googleform tersebut. (*)

Reporter: Farhan
Editor: Citra Kharisma


2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here