Urus KTP, KK dan Akta Lahir di Garut Secara Online, Berikut Tata Caranya

Garutexpress.id – Website Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut sejak satu bulan ini sedang mengalami gangguan teknis. Namun bagi Anda yang ingin cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) masih bisa dilakukan secara online dengan menggunakan layanan google form yang dikeluarkan Disdukcapil Garut.

Urus KTP, KK dan Akta Lahir di Garut Secara Online, Berikut Tata Caranya

Kabid Pengelolaan Informasi Kependudukan (PIA) Disdukcapil Kabupaten Garut, Doni Adam mengatakan, saat ini website Capil memang sedang dalam kondisi pemeliharaan. Tujuannya untuk lebih meningkatkan pelayanan di masa yang akan datang.

“Memang beberapa pekan ke belakang layanan website kita terganggu. Namun dalam waktu dekat ini sudah bisa digunakan lagi,” ucapnya kepada garutexpress.id, Kamis (20/8/2020).

Kabid PIA, Doni Adam

Namun, kata Doni, warga masih bisa mengakses layanan Capil secara online dengan cara mengisi formulir di google form. Jadi layanan online masih bisa dilakukan meski dengan sarana yang terbatas.

Doni menjelaskan, warga yang ingin pelayanan secara online bisa langsung mengakses google form dan memilih tujuan layanan administrasi yang diinginkan.

“Pada prinsifnya sama saja dengan layanan website. Namun ada pembatasan informasi di layanan google form ini. Tujuannya untuk keamanan data kependudukan,” kata dia.

Doni mengaku, layanan online melalui google form ini memang ada kekurangan. Pasalnya, pemohon tidak bisa memantau sampai di mana permohonannya telah di proses.

“Tentunya beda dengan di website.Kalu di google form pemohon tidak bisa tau sampai di mana data kependudukannya telah diproses oleh kami,” paparnya.

Namun ia menjanjikan, dalam waktu dekat, layanan online Capil melalui website http://pasti-oke.disdukcapil.garutkab.go.id akan bisa diakses lagi.

Terkait keamanan data penduduk yang diuplod di layanan google form ia mengaku telah melakukan berbagai prosedur pengamanan. Selain itu, data yang diupload di google form sangat terbatas tidak seperti yang diupload di website.

Untuk mengakses layanan online Capil Garut bisa di aksess melalui link google form berikut:
http://gg.gg/LAYANAN_ONLINE_DISDUKCAPIL_GARUT_2020

Doni menjanjikan awal September, layanan online Disdukcapil sudah bisa diakses kembali melalui layanan website. Tentunya, kata Doni, dengan layanan yang lebih optimal. (*)

Reporter: Mahesa
Editor: Farhan SN


3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here