Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga, Lokakarya Tribulanan Rutin Digelar di Kecamatan Samarang

garutexpress.id- UPT Puskesmas Samarang bersinergis dengan Pemerintah Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut menggelar Lokakarya Trbulanan Rutin (Triwulan 3). Laokakarya mini (Lokmin) yang dipimpin langsung Neneng Martiana, SIP., M Si, selaku Camat Samarang diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Samarang, Kamis (27/08/2020).

Dalam kegatan lintas sektoral tersebut, dihadiri sejumlah perwakilan pejabat Forkopimcam, kepala desa, tokoh masyarakat, Kepala KUA Samarang dan tamu undangan lainnya. Kegiatan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, panitia menyelanggarakannya dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. Di antranya peserta diharuskan menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan.

Gelaran lokakarya tersebut merupakan sebuah upaya membangun komitmen dan menyatukan misi para pemangku kebijakan. Camat sebagai Pemerintah Kecamatan, Kades sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan Puskesmas Samarang sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Demikian diungkapkan Camat Samarang dalam sambutannya, saat membuka kegiatan lokakarnya tersebut.

“Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat bukan saja tanggung jawab instansi kesehatan saja (Puskesmas atau Rumah Sakit), tapi tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen bangsa, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak. Karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya. Semua hal tidak akan berjalan jika pelaku tidak fit atau sehat,” ungkap Neneng.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Samarang, H.Elan Suherlan, AMd Kep., S Sos., SKM, M Kes, mengungkapkan, pada Lokakarya kali ini juga beertepan dengan Bulan Penimbangan Balita (BPB).

H.Elan Suherlan, AMd Kep.,S Sos., SKM, M Kes (Kepala UPT Puskesmas Samarang.)***

“Dalam lokakarya kali ini juga bertepatan dengan agenda program Bulan Penimbangan Balita, di antara kegiatannya adalah penimbangan berat badan dan pengukuruan panjang atau tinggi badan pada balita usia 0-59 bulan, soal gizi dan pemberian vitamin untuk balita,” ungkap H. Elan saat djumpai garutexpress.id usai kegiatan lokakarya, Kamis (27/08/2020).

H. Elan menambahkan dalam menyikapi dan merespon permasalahan kesehatan harus ada keterlibatan semua pihak, terutama para kepala desa yang dalam tugas pemerintahannya berhadapan langsung dengan masyarakat.

“Semua elemen dan unsur terkait untuk bergandengan tangan, memperbaiki sistem dan merubah pola hidup sehat dimasyarakat, sehingga apa yang dicita-citakan, yakni meningkatnya derajat hidup sehat dapat terwujud,” tuturnya.

Nanang Rohman, selaku Sekmat Samarang mengatakan, lokmin ini merupakan agenda lintas sektoral yang seharusnya dihadiri semua pemangku kebijakan. Hal ini untuk membangun sinergitas yang baik dengan semua pihak.

“Lokmin ini merupakan kegatan lintas sektoran yang harus mendapatkan dukukungan dan dihadriri semua pihak, termasuk para kepada desa dan para penggerak PKK. Jika memang ada ketidakhadiran kepala desa, seharusnya itu mendapatkan ‘punishment’ (sanksi),” kata Rohman. (*)

Reporter : Zenal
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here