Terjepit Roolingdoor, Seekor Kucing Berhasil Diselamatkan Tim Disdamkar Garut

garutexpress.id- Satpam Bank BJB Kantor Pembantu Balubur Limbangan, Handi (39) sempat kebingungan meminta bantuan ke mana, saat mendapati seekor kucing terjepit roolingdoor.

Hingga akhirnya ada yang menyarankan untuk menghubungi petugas pemadam kebarakan. Peristiwa itu terjadi sekira pukul 07.00 WIB.  Saat petugas  menerima laporan dari satpam itu, tepatnya di Kampung Sukasirna, Desa Limbangan Timur, Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut, Rabu (19/08/2020).

Menurut keterangan Komandan Regu (Danru) UPT Disdamkar Balubur Limbangan, Sukmana, pihaknya menerima laporan seorang satpam BJB yang melaporkan kejadian yang tak biasanya ia terima.

Petugas Animal Rescue UPT Disdamkar Balubur Limbangan berupaya menyelamatkan kucing yang terjepit di Gedung Perkantoran Bank Pembantu BJB, di Kampung Sukasirna, RT.03 RW 02, Desa Limbangan Timur, Kecamatan Balubur limbangan Kabupaten Garut, Rabu(19/08/2020). (Foto : Agus Rahmat/ Admin Dinas Damkar Kab. Garut)***

“Kepada petugas, satpam itu menceritakan, awalnya dia mendengar kucingnya mengeong terus pada pukul 06.45 WIB., sebelum kantor buka. Kemudian setelag dicari ke sana kemari asal sumber suaranya, ternyata dari bangunan perkantoran yang terjepit rolingdoor,” katanya.

Penyelamatanpun berlangsung cukup  dramatis, kucing itu berhasil diselamatkan setelah kurang dari setengah jam proses evakuasi. Selama proses evakuasi, petugas damkar hanya memberi minum kucing untuk penanganan pertamanya.

Kepala kucing juga cukup dielus-elus untuk menenangkannya agar tidak terus mengeong, mungkin karena kesakitan ataupun rasa takut atas kehadiran petugas. Akhirnya, kucing berhasil diselamatkan tanpa mengalami cedera sedikitpun.

“Alhamdulillah bisa diselamatkan dan kucingnya nggak terluka sedikit pun, cuma trauma,” kata Sukmana.

Sukmana bersama petugas lainnya awalnya mencoba mengevakuasinya tanpa menggunakan peralatan. Namun, kucing tidak kunjung keluar dari terjepitnya rolingdoor itu, sehingga kemudian petugas berinisiatif mengalungkan kantong plastik (kresek) ke badan kucing.

“Akhirnya kita mencoba menggunakan keresek dengan dikalungkan ke seluruh badannya, kita coba tarik-tarik kresek sambil digerak-gerakin badan kucing dan alhamdulillah akhirnya keluar. Kami merasa lega setelah kucing itu berhasil dievakuasi, apalagi baru kali ini mengevakuasi kucing terjepit, paling sering tawon, kalau kucing kejepit jarang,” paparnya, sambil meneruskan tugasnya, menyusul laporan kebakaran di Kampung Cicurug, Desa Neglasari, tidak jauh dari lokasi proses evakuasi kucing terjepit itu. (*)

Reporter : Yans

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here