Tak Patuhi Protokol Kesehatan Saat Berwisata ke Gunung Papandayan, Siap-siap Dipulangkan!

garutexpress.id- Memasuki libur panjang (long week end) objek wisata alam Gunung Papandayan di kawasan Kecamatan Cisrupan, Kabupaten Garut nampak sepi. Rupanya penurunan pengunjung ini dampak dari wabah Covid-19 yang tak kunjung berakhir.

Menurut Dirut PT AIL, Graha Kaban, selaku pengelola objek wisata Gunung Papandayan, selama libur panjang ini tingkat kunjungan berkurang hingga 50 persen.

“Mobil memang kayak yang banyak terparkir. Tapi tak seperti waktu sebelum Covid keramaiannya,” ucap Graha, Sabtu (22/8/2020).

Dikatakannya, sejak pemerintah memberi izin pembukaan tempat wisata, pihaknya mulai melakukan antisipasi penyebaran Covid-19.

“Dari manajemen kami antisipasi dengan menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer. Pengunjung juga harus memakai masker,” ujarnya.

Menurutnya, setiap kendaraan yang masuk harus disemprot disinfektan. Wisatawan dari luar kota juga diharuskan membawa surat sehat.

“Mulai dari pintu masuk sampai ke kawasan, kami terapkan protokol kesehatan. Petugas juga akan minta surat kesehatan. Kami juga sediakan masker,” ucapnya.

Graha menambahkan, pihaknya juga menyebar petugas di setiap sudut untuk mengimbau penggunaan masker. Petugas akan terus mengingatkan agar pengunjung mengenakan masker.

“Jika pengunjung tak mematuhi aturan protokol kesehatan, kita tak segan untuk memulangkan wisatawan tersebut.

Terkait adanya wacana evaluasi penutupan sementara tempat wisata, Graha menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah.

Namun pihaknya sudah berkomitmen untuk tunduk terhadap protokol kesehatan.

“Pak bupati sudah lebih tahu dan lebih paham yang terbaik untuk wisata di Garut ini. Untuk antisipasi kami akan patuh terhadap protokol kesehatan,” tandasnya. (*)

Reporter : FW
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here