SMKN 9 Didaulat Sebagai Sekolah Pusat Keunggulan, Perusahaan dari Perancis Mulai Melirik

Garutexpress.id – SMKN 9 Garut kembali menorehkan prestasi, yang terbaru sekolah menengah kejuruan yang baru 14 tahun didirikan ini terpilih menjadi sekolah Pusat Keunggulan atau center of excellent (COE) yang merupakan program dari direktorat SMK kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Dra, Hj. Neti Achlan, MPd, Kepala SMKN 9 Garut, Berdasarkan indikator program SMKN 9 Garut memenuhi kriteria penerima program COE, yaitu SMK yang berkinerja ‘sangat baik’.

Selain itu, SMK 9 Garut juga, mampu menyelenggarakan peningkatan kompetensi kejuruan bagi guru/instruktur SMK lain, masyarakat termasuk permintaan IDUKA.

Merupakan branding/citra/inspirator /contoh /impian SMK lain untuk meniru/mencontohnya. Mampu menggerakkan, membina/membimbing SMK lain.

“Alhamdulillah berdasarkan kriteria (konsep) yang dikeluarkan Direktorat Pendidikan SMK Kemdikbud sekolah kita bisa dapat program COE, salahsatunya Sekolah dengan nilai kinerja yang sangat baik,” tuturnya.

Pada hari ini, lanjut Hj. Neti, kita laksanakan sosialisasi kepada para guru dan tenaga pendidik mengenai program ini.

“Hari ini kegiatan sosialisasi program COE dibuka langsung oleh Asep Sudarsona, S.Pd,.MM (KCD Pendidikan Wilayah XII),” tambahnya

SMKN 9 Garut merupakan satu dari tujuh puluh Sekolah Kejuaruan se-Indonesia terbaik yang mendapatkan program COE dan mendapatkan bantuan kerjasama dengan perusahaan asal Perancis.

Sementara dijelaskan Budi Nurdiansah, S.Pd Wakasek hubungan industri SMKN 9 Garut, sekolahnya terpilih menjadi Pusat Keunggulan khusus kejuruan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Nantinya SMKN 9 Garut ini diproyeksikan menjadi pusat kegiatan bukan hanya pendidikan bagi siswa-siswi melainkan menjadi rujukan pelatihan tenaga pendidik jurusan TITL.

“Sekolah kita dapat program COE untuk jurusan TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik), sekolah kita ini diproyeksikan jadi pusat pendidikan bukan hanya siswa melainkan pusat rujukan tenaga pendidik juga,” terang Budi. (*)

Reporter: Agus Muhram
Editor: Citra Kharisma


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here