Seorang Guru Tertular Covid-19 dari Suaminya yang Anggota DPRD, KBM Tatap Muka di Garut Belum Jelas

Yeni Yunita-Humas Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Garut.***

garutexpress.id- Pandemi Covid-19 entah kapan berakhir, dampaknya, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang sebelumnya dijadwalkan akan digelar bulan ini pun belum jelas. Bahkan untuk KBM tatap muka untuk tingkat SMA/sederajat telah dijadwalkan oleh pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat akan dimulai pada 18 Agustus 2020.

Namun untuk di Kabupaten Garut rencana tersebut urung dilakukan, pasalnya pihak Pemerintah (Pemkab) Kabupaten Garut sendiri tak memberikan izin. Nampaknya pihak Pemkab Garut khawatir dan tak mau mengambil resiko melihat perkembangan Covid-19 yang dirasa belum menjamin keamanan peserta didik.

“Walau dari provinsi sudah memperbolehkan, tapi tetap harus ada izin dari gugus tugas di Garut. Jadi kami (Pemkab Garut) belum mengeluarkan izin pembukaan sekolah,” ujar Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, Selasa (18/8/2020) lalu.

Kekhawatiran Pemkab Garut belakangan terbukti setelah menerima kabar adanya seorang guru yang terpapar positif Covid-19. Hal tersebut disampaikan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut, Yeni Yunita.

“Pada Rabu (19/08/2020) kemarin, ada penambahan tiga kasus baru, dua di antaranya dari satu keluarga. Diketahui sebelumnya dua anggota DPRD Garut terpapar Corona dan salah satunya menularkan virus tersebut kepada istri (KC-70) yang berprofesi sebagai guru di SMP dan anaknya (KC-71) yang berusia 17 tahun,” ungkap Yeni, Kamis (20/08/2020).

Yeni mengatakan, Pemkab Garut terus menghimbau kepada sekolah yang siap menggelar KBM dengan tatap muka harus memastikan penerapan protokol kesehatan.

“Pemkab Garut mengimbau, pastikan penerapan protokol kesehatan. Gurunya sehat, muridnya sehat, petugas kebersihan sehat, petugas keamanan sehat dan protokol Covid-19 di sekolah itu harus ada semuanya agar pembukaan sekolah tidak menyebabkan lonjakan kasus,” katanya. (*)

Reporter : Tim GE
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here