Qurban Peduli Negeri, Dt Peduli Gelar Qurban Fest 2020-1441 H di Pasirwangi

garutexpress.id- Memasuki tahun 1441 H/ 2020 Darut Tauhid (DT) Peduli Cabang Garut kembali menggulirkan progam Qurban Fest. Qurban Fest merupakan salah satu program dari Qurban Peduli Negeri yang rutin digelar setiap Hari Raya Idul Adha.

Khusus di Kabupaten Garut, DT Peduli mendapatkan amanah dari para donatur untuk menyembelih dan mendistribusikan hewan kurban sebanyak 450 ekor domba dan 12 ekor sapi. Daging hewan qurban tersebut diditsribusikan ke sejumlah pelosok Kabupaten Garut yang sebelumnya telah didata dan di wilayah tersebut memang minim hewan qurban.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun ini Qurban Fest digelar di tengah keprihatinan pandemi Covid-19. Sebagai ikhtiyar mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, para petugas pemotongan hewan kurban menerapkan protokol kesehatan secara ketat, meski demikian tidak mengurangi kekhidmatan prosesi Idul Adha.

“Kita terapkan protokol kesehatan ketat dalam Qurban Fest tahun ini. Ini untuk mengantisipasi menyebarnya Covid-19. Kedisiplinan memang telah ditekankan beliau (KH Abdullah Gmnasiar/Aa Gym/red.)  kepada para santri dan para relawan, termasuk soal protokol kesehatan ini. Tiada Prestasi tanpa Disiplin, itu kata Aa yang ditekankan untuk para santrinya,” tutur Kepala Cabang DT Peduli Garut, Ustadz Dehari Teguh Aji.

Menurutnya, gelaran Qurban Fest tahun ini merupakan yang ketiga kalinya dan masih berkolaborasi dengan LAZ Panas Bumi Darajat dan BDI sebagai donatur rutinnya.

Untuk mengefektifkan pendistribusian hewan qurban agar tepat sasara, panitia QurbanFest menentukan titik sentral tempat pemotongan hewan qurban. Disamping itu, mengatisipasi kerumuman, panitia Qurban Fest juga mendistribusikan daging hewan qurban lansung ke para mustahik dengan cara diantarkan langsung ku rumanya masing-masing.

“Alhamdulillah, tahun ini kita (Dt Peduli) Garut dengan izin Allah SWT bisa kembali menggelar program Qurban Fest di Garut. Untuk mengefektifkan pendistribusian daging hewan qurban ke warga yang berhak, kita pilih tempat untuk dijadikan sentral, misalnya di kawsan Pasirwangi ini. Hari sebelumnya kita juga menggelar Qurban Fest di 2 lokasi di kawasan Bungbulang,” ungkap Dehari, saat memimpin kegiatan program Qurban Fest di kawasan Kampung Cimanglid, Desa Padamulya, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (3/8/2020).

Diharapkannya, dengan adanya program Qurban Peduli Negeri, daging hewan qurban dapat terdistribusikan secara merata. Diketahui, selama ini pensdistribusian daging hewan qurban ini kurang merata, terlebih di pelosok kampung yang masih minim hewan qurban.

“Kita data dan update oleh relawan setempat, ternyata masih banyak wilayah yang minim hewan qurban ini. Untuk itu kita berupaya mendistribusikan hewan qurban ini secara merata sehingga semua warga yang berhak menerima hewan qurban dapat menikmati daging qurban ini,” tambah Dehari.

Dalam kesempatan gelaran Qurban Fest di Pasirwangi, beberapa perwakilan dari pemerinatahan desa dan kecamatan setemapt tampak turut serta menghadiri agenda tersebut. Para pejabat pemerintahan setempat tampak antusias mengahdiri agenda tersebut.

“Tidak ada lain untuk kegiatan Quban Fest ini, selain Jajzakallohu khoeron katsiro. Khusus kepada tim DT Peduli dan semua pihak yang telah memberikan dukungannya untuk acara yang penuh berkah ini,” ungkap Asep, salah seorang perwakilan tokoh masyarakat setempat. (*)

Reporter : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here