Program Pamsimas Terealisasi, Warga Desa Cintarakat Bergembira

garutexpress.id- Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia. Program ini dilaksanakan di wilayah pedesaan dan pinggiran kota.

Desa Cintarakyat, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut adalah salah satu desa yang kini tengah membangun fasilitas penampungan air melalui program tersebut. Pembangunan progrman Pamismas ini dilaksanakan di Kampung Munjul, RT 02/10.

Dalam proses pembangunan fasilitas penampungan air ini, warga Desa Cintarakyat yang dipimpin oleh kepala desa yang diwakili Faat sebagai perwakilan warga desa setempat menyambut antusias program tersebut.

Saat proses pembangunannya, warga setempat bahu-membahu penuh semangat bergotong-royong membangun fasilitas air bersih ini, Selasa (18/8/2020).

“Alhamdulillah, program ini memang sangat dibutuhkan warga kami. Untuk itu, mewakili warga Desa Cintarakyat kami mengucapkan terimakasih banyak atas terealisasinya program ini,” ujar Faat, disela-sela kegiatan membangun fasilitas dan pemasangan saluran pipa air tersebut.

Menurutnya, Program Pamsimas  bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan.

“Dengan  pamsimas ini, diharapkan dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.

Dikatakannya, penerapan program ini addalah salah satu upaya dalam rangka mendukung pencapaian target sektor air minum dan sanitasi melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

“Dari program pamsimas ini kita akan menyediakan air bersih. Yang akan teraliri air dari program ini di antaranya meliputi tiga wilayah Rw  yaitu RW 08, 09 dan RW 10. Nanti juga akan ada peluasan bagi wilayah RW yang belum mendapatkannya,” ungkapnya.

Sementara Ketua RW 10, Mujahid, berharap, dengan adanya penyedian air bersih ini berguna untuk masyarakat. Ia juga menyebutkan, dari program Pamsimas ini, akan menyediakan air bersih, meliputi tiga wilayah RW yang akan dialirinya.

“Dengan adanya program Pamsimas ini, diharapkan kebutuhan air minum yang bersih dapat tercukupi. Bantuan pamsimas akhirnya terealisasikan dan wargapun sangat atusias. Kita harapkan program ini berjalan sesuai rencana dan hasilnya bisa dimanfaatkan bersama nantinya. Kami apresiasi kepada tim pelaksana, yg begitu tidak mengenal waktu untuk bekerja,sehingga bisa terealisasikan sesusai dengan targetnya,” ujar Mujahid.

Diharapkannya, i hasil pengeboran ini dapat menjadi sumber air sehari-hari bagi masyarakat yang memang selama ini kekurangan air bersih.

“Dari hasil pelaksanaan program Pamsimas ini, kemanfaatannya dapat segera dirasakan langsung oleh masyarakat. Namun sarana air bersih ini juga harus dipelihara dengan baik oleh warga, agar keberlangsungan program Pamsimas sesuai dengan yang dicita-citakan,” katanya. (*)

Reporter : Zenal

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here