PMD Malangbong Berharap Penyaluran BLT Tahap Berikutnya Segera Direalisasikan

PROSESI penyerahan BLT DD tahap 2, bulan kedua di Desa Giri Makmur, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut oleh Danramil Malangbong, Kapten Chb Sobirin didampingi Kapolsek Malangbong AKP Abu Sono dan PLD Desa Giri makmur, Sabtu (29/08/2020)***

garutexpress.id- Kepala seksi ( Kasi ) Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Deden Munawar mengingatkan kepada pihak terkait, termasuk pemerintah desa untuk tidak  menunda-nunda dalam membuat laporan.

Ia berharap, penyaluran  Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap berikutnya bisa direalisasikan setdaknya pada minggu kedua. Hal itu disampaikan Deden saat menghadiri penyaluran BLT DD di Desa Sakawayana beberapa waktu lalu.

“Laporan realisasi BLT DD itu kan ditunggu oleh Kementrian Keuangan RI, Kementrian Desa, KPN dan juga Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,” ujarnya.

Pencairan BLT DD di Desa Cilampuyang, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Sabtu (29/08/2020)***

Dijelaskannya, penyaluran dana desa akan segera terealisasi apabila laporan sebelumnya sudah  selesai dilaporkan kepada pihak terkait. Dana desa berikutnya baru bisa direalisasikan jika sudah ada singkronisasi semua pihak.

“Di Kecamatan Malangbong sendiri hingga tanggal 29 Agustus 2020, masih tersisa beberapa desa yang belum  merealisasikan penyaluran BLT DD . Ini salah satunya karena laporan juga terlambat,” katanya.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak terutama yang terkait di desa, seperti kasi keuangan, dan sekretaris desa harus selalu bersinergi untuk menyelesaikan laporannya.

Sementara itu, oprator sistim keuangan desa ( Siskeudes ) Desa Sekarwangi, Novi mengatakan, salah satu kendala dalam membuat laporan realisasi BLT DD  ada di format exel . Menurutnya, ketika mencetak kuitansi yang ada barcode sering  lambat loading sehingga menghambat terbitnya kuitansi.

“Padahal, di Desa Sekarwangi sendiri harus dicetak 249 kuitansi . Format exelnya suka loading dan membutuhkan kesabaran dan lumayan menyita waktu,” ujar Novi, Sabtu (29/08/2020).

Proses penyaluran untuk bulan Agustus sendiri pihaknya  mengaku belum bisa merealisasikan BLT DD sebab masih menunggu penyaluran 10% sisa DD Tahap 2. “Jadi belum bisa pencairan untuk BLT Agustus” tukasnya.

 

Dari  pantauan, di wilayah utara Kecamatana Malangbong, selain Desa Sekarwangi juga ada Desa Mekarasih yang belum bisa merealisasikan pencairan dana desa.

Di tempat terpisah, Pendamping Lokal Desa  (PLD) Kecamatan Malangbong yang bertugas di Desa Giri Makmur, Abdul Majid  melaporkan, di wilayah Desa Giri Makmur tengah berlangsung pembagian BLT DD Bulan Agustus untuk 184 KK, dengan dihadiri oleh Kapolsek Malangbong AKP Abusono, Danramil  Malangbong Kapten CHB Sobirin, Babinsa dan Babin Kantibmas Desa Giri Makmur.

“Alhamdulilah penyaluran BLT DD tahap 2 bulan kedua berjalan lancar dan tetap menjaga protokol kesehatan Covid 19, ” ujarnya. (*)

Reporter : TAF Senopati

Editor     : Sidqi


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here