Perbaikan kWh Dibayar dengan Domba, Humas PLN: Sanksi Sudah Dijatuhkan Kepada Rekanan

Garutexpress.id – Penggantian kWh listrik dibayar dengan seekor domba ramai diperbincangkan publik. PLN UP3 Garut, telah menjatuhkan sanksi kepada pihak ke tiga yang telah mencoreng nama PLN.

“Memang benar ada pihak ke tiga yang melakukan pergantian kWh listrik dan melakukan aksi tidak terpuji. Kita sudah jatuhkan sanksi,” kata Humas PLN UP3 Garut, Agus Mulyana, Rabu (26/8/2020).

Menurutnya, penggantian kWh karena kerusakan tak dikenakan biaya. Pasalnya kerusakan kWh meter merupakan kewajiban dari PLN untuk mengganti.

“Kalau kWh meternya rusak, itu jadi tanggung jawab PLN. Kecuali sengaja dirusak, saat diganti akan dikenakan denda,” katanya.

Menurutnya, penggantian kWh meter biasanya dilakukan secara rutin oleh PLN. Penggantiannya dilakukan periodik setiap 20 tahun karena kWh meter merupakan aset dari PLN.

Terkait domba milik Yeni yang digunakan untuk membayar kWh meter, Agus menyebut sudah dikembalikan lagi. Petugas rekanan tersebut juga sudah ditegur.

“Salahnya, konsumen itu tak datang langsung ke kantor PLN Pameungpeuk. Tapi langsung menghubungi si petugas itu, karena petugasnya yang pasang kWh meter dulunya,” ucapnya.

Agus mengatakan, pihak PLN juga sudah menyambangi rumah Yeni untuk menyelesaikan persoalan tersebut. (*)

Reporter: Erwin Goner
Editor: Encep


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here