Pemkab Garut Akhirnya Hentikan Pembanguan Jalan Poros Tengah Cilawu-Banjarwangi, Ini Alasannya

garutexpress.id- Proses pembangunan jalan poros tengah penghubung Kecamatan Cilawu dengan Banjarwangi yang melintasi kawasan Gunung Cikuray akhirnya dihentikan. Pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengaku tidak bisa melanjutkan pembangunan itu di antaranya soal perizinan.

Belum adanya izin pinjam pakai dan analisa mengenai dampak lingkungan (amdal) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menghentikan proyek tersebut.

“Jalan poros tengah dihentikan. Sebelum ada izin pinjam pakai tak akan dilanjutkan,” ucap Bupati Garut, Rudy Gunawan kepada sejumlah awak media di Pendopo Garut, Rabu (26/8/2020).

Menurutnya, anggaran pembangunan jalan poros tengah pada tahun ini dipastikan menjadi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa). Semua proses pembangunan jalan yang sudah dilakukan sejak awla tahun tak akan dilanjutkan.

Rudy Gunawan-Bupati Kabupaten Garut.***

Seperti diketahui, proses pembangunan jalan poros tengah tersebut menuai polemik dari para aktivis lingkungan. Pasalnya Pemkab Garut tak menempuh perizinan saat melakukan pembangunan.

Jalan poros tengah juga menabrak kawasan hutan lindung yang berada di bawah Perhutani. Jalan tersebut memiliki panjang 13 kilometer. Sepanjang 12 kilometer, merupakan tanah milik Perhutani.

Rudy menyebut, bisa jadi pembangunan jalan dilanjutkan pada tahun depan jika izin pinjam pakai dan amdal dikeluarkan KLHK.

“Kami coba anggarkan di tahun depan. Tapi baru akan dibangun kalau evaluasi dokumen lingkungan sudah ada. Sebelum ada izin, tak akan dilanjutkan,” pungkasnya. (*)

Reporter : FW

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here