Pemdes Sukamulya Tuntaskan Penyaluran BLT Dana Desa Tahap 3

garutexpress.id– Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai  Rp 600.000/KPM (Keluarga Penerima Manfaat) usai disalurkan Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamulya, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut kepada sebanyak 260 keluarga terdampak Covid 19.

BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) itu disalurkan secara langsung oleh relawan Covid-19 Desa Sukamulya dengan mendatangi setiap rumah KPM, Kamis (30/7/2020).

Kepala Desa Sukamulya, Jono mengatakan, BLT yang tersalur kali ini merupakan realisasi tahap ke-3 yang diterima KPM di  13 wilayah rukun warga (RW). Dia berharap bantuan tersebut dapat menopang kondisi perekonomian warganya yang belakangan ini menjadi rawan akibat terdampak corona.

“Sudah selesai kita salurkan hari ini. Setiap KPM terima BLT sesuai amanat pemerintah, senilai Rp 600.000. Patut disyukuri, pembagian berjalan dengan tertib. Ada unsur TNI – Polri, muspika, karang taruna, para tokoh, RT – RW dan unsur lainya terlibat membantu saat pelaksanaan,” ungkap Kades yang juga sebagai ketua tim relawan tingkat desa tersebut.

Bantuan keuangan tunai dengan nominal Rp 600.000/ KPM  kali ini, merupakan pembagian tahap terakhir. BLT tersebut masih akan diterima para KPM untuk tiga bulan kedepan, namun dengan nominal sebesar Rp 300.000/KPM. Besaran ini merujuk pada diterbitkanya Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu)  No. 50 Tahun 2020.

“Kedepanya BLT akan diterima sebanyak 3 kali periode Agustus – Oktober, namun besaranya berubah menjadi Rp 300.000/KPM. Sebelumnya kita akan tempuh Musyawarah Desa Khusus (Musdesus)  terlebih dahulu untuk mensosialisasikan perubahan nominal ini,” terang sekdes Desa Sukamulya, Indra Fauzi.

Indra menegaskan, Musdesus terkait hal ini rencananya akan dilaksanakan Pemdes Sukamulya pada minggu pertama Agustus 2020. (*)

Reporter : Doni Melody

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here