Pawai Obor, Sebuah Tradisi Meyambut 1 Muharam di Garut

garutexpress.id- Setiap memasuki tahun baru Hijriyah (1 Muharam) kaum Muslimin di sejumlah wilayah Kabupaten Garut selalu menyambutnya dengan antusias. Tardisi pawai obor adalah salah satu kegiatan dalam menyambut tibanya tahun baru Hijriyah ini.

Seperti halnya tahun ini, 1 Muharam 1442 Hijriyah, meski di tengah wabah Covid-19, ratusan kaum Muslimin, tua, muda, dewasa dan anak-anak di kawasan Desa Godog, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, tetap menggelar pawai obor dengan menyusuri bebera ruas jalan di kompleks tersebut.

Menurut pengurus DKM Masjid Baitul Barokah Perum Grand View Residence, Dikdik Zulfaqor, meski di tengah wabah Covid-19, pawai obor sebagai wujud suka cita warga menyabut tahun baru Hijriyah.

“Dalam situasi Covid ini, tak jadi halangan dalam syiar Islam. Apalagi setiap tahun di sini pawai obor ini kerap dilaksanakan,” katanya, Rabu (19/08/2020) malam.

Diharapkannya, situasi Covid-19 bisa segera berakhir. Pawai obor ini juga bisa menjadikan umat muslim lebih mencintai Islam.

“Kita juga bersama-sama berdoa agar pandemi ini berakhir. Tahun baru Islam ini, juga jadi momentum untuk memperbaiki diri,” katanya. (*)

Reporter : Tim GE
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here