Kenang Hayun Jumardi, Wabup Pancangkan Bambu Runcing di Pusara Pejuang 45 Kampung Hegarmanah

WAKIL Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, melakukan Pemancangan Bambu Runcing Berbendera Merah Putih di atas pusara pejuang 45 atas nama Almarhum Hayun Jumardi, di pemakaman keluarga, Kampung Hegarmanah, Desa Caringin, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Rabu (11/08/2010), (Foto : Yogi Budiman/Diskominfo Garut).***

garutexpress.id- Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2020, Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, menggelar upacara pemancangan  bambu runcing  bendera merah putih di atas pusara Pejuang-45 atas nama Hayun Jumardi. pemakaman keluarga Kampung Hegarmanah, Desa Caringin, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (12/08/2020).

Upacara pemancangan  bambu runcing dengan bendera merah putih itu dalam rangka menghormati dan bentuk penghargaan terhadap almarhum. Hayun merupakan pahlawan dari kawasan Garut selatan yang telah berjuang hingga titik darah penghabisan di masa revolusi kemerdekaan RI.

Wakil Bupati Helmi Budiman mengatakan, almarhum Hayun Jumardi sebagai sosok yang patut diteladani oleh generasi muda sebagai penerus perjuangan, terlebih saat ini bangsa Indonesia akan memperingati hari ulang tahun ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Semangat perjuangan yang telah ditunjukan para pendahulu kita.  Hendaknya dapat  dihayati dan menjadi inspirasi serta sumber motivasi dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai program pembangunan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan Repubik Indonesia,” katanya.

Menurutnya, selain itu melalui kegiatan pemancangan bambu runcing merah putih di atas pusara pejuang 45, Helmi mengingatkan, upacara ini menjadi momentum untuk terus melestarikan dan mendayagunakan sikap dan perilaku para pahlawan kesuma bangsa.

“Seperti rela berlorban, pantang menyerah percaya pada kemampuan sendiri, tanpa pamrih dengan dilandasi kesetiakawanan sosial yang tinggi yang pada dasarnya merupakan nilai budaya bangsa untuk membangun karakter bangsa berdasarkan Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Kegiatan ini, imbuhnya, diharapakan dapat membangun karakter bangsa yang kuat dan kokoh untuk dapat dijadikan sebagai energi penggerak kemajuan sehingga tidak terombang ambing dan kehilangan arah di tengah derasnya arus globalisasi serta dapat menghadapai segala tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.

‘Mari kita gelorakan semangat para pejuang bangsa ini dengan senantiasa merapatkan barisan membangun Kabupaten Garut untuk mewujudkan kesejahteraan rakyatnya, sehingga terwujud Garut yang Bertaqwa, Nyaman dan Sejahtera dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. (*)

Reporter  :  Yans

Editor      :  ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here