Kades Cigawir Antarkan Langsung BLT DD ke Rumah Warga yang Sedang Sakit

garutexpress.id.- Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) perluasan di Kabupaten Garut sudah tersalurkan. Walau tidak sebesar BLT DD awal, tetapi dana bantuan tersebut dinilai sangat membantu bagi warga di tengah wabah Covid-19 ini.

BLT DD perluasan jumlahnya Rp 300.000 untuk satu orang penerimanya. Dana tersebut berasal dari anggaran Dana Desa (DD) tahun ini (2020). Penyaluran BLT DD tersebut langsung diterima oleh masyarakat. Untuk sekarang ini, BLT DD perluasan di berikan senilai Rp 600.000 terhitung waktu dua bulan, Juli dan Agustus.

Saking pentingnya, dana bantuan untuk masyarakat ini harus benar-benar sampai kepada penerima. Jika warga yang masuk sebagai penerima dalam kondisi sakitpun, aparat desa tetap harus memberikannya dengan cara mendatangi kediaman warga tersebut.

Kepala Desa Cigawir, Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut, Rusman Mulyana (54) mengatakan, dirinya sengaja mendatangi beberapa warga desanya yang sedang sakit dan masuk menjadi penerima BLT DD. Hal itu ia lakukan untuk meyakinkan dirinya bahwa dana itu benar-benar tersalurkan dengan benar.

“Ya, itu kan merupakan kewajiban saya sebagai Kepala Desa. Disamping menyalurkan dana bantuan itu, saya bisa sekaligus bersilaturahmi dan mengetahui kondisi warga di desa saya,” ungkapnya, Jumat (28/08/2020).

Menurut Rusman, untuk Desa Cigawir sendiri dari 10 RW dan 36 RT, penerima BLT DD perluasan ini ada 186 orang.

“Khusus untuk warga yang sakit, saya salurkan langsung ke rumahnya. Salah seorang warga yang sedang sakit, namun menjadi penerima BLT DD ialah pak Aji yang bertempat tinggal di kampung Serang, RT 02/07. Aji yang usianya sudah lanjut, kini tengah mengalami kebutaan dan juga masalah pendengaran. Saat memberikan dana itu, saya juga memberi motivasi kepada warga yang sedang mengalami sakit,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tim GE
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here