HUT Pramuka ke-59, Pengurus Kwarran Malangbong Berziarah ke Makam Tokoh Pramuka

garutexpress.id- Perayaan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke-59 tingkat Kwartir Ranting (Kwarran)  Kecamatan Malangbong  diperingati dengan melakukan Ziarah ke makam para tokoh pramuka yang ada di Kecamatan Malangbong.

“Seperti diketahui, dalam masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan  yang mengundang  kerumunan  masa memang harus dihindari,” ujar Sekretaris Kwaran Malangbong Fuad Hasan kepada garutexpress.id, Sabtu siang, (15/08/2020).

Perayaan HUT Pramuka ke-59 tahun 2020 memang berbeda dengan tahun sebelumnya,  seperti upacara Bendera dan perkemahan ditiadakan ungkapnya. Hal itu kata dia mengingat  situasi dan kondisi Covid-19 belum berahir.

Sementara itu, Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Malangbong Aep Saepudin membenarkan bahwa Upacara bendera dan perkemahan ditiadakan untuk tahun 2020 ini.

“Sebenarnya arahan ketua Kwarcab Garut Kak Ahmad Bajuri  pada rakor tanggal 7 Agustus  mempersilahkan bagi kwartir ranting yang akan menggelar Upacara dan kegiatan lainnya, Namun  anggota Pramuka  Jumlahnya ribuan personil, sehingga sangat riskan untuk dilaksanakan. Karena itu, kegiatan yang kami lakukan adalah Ziarah ke makam para pahlawan pramuka, yang telah berjasa mengharumkan pramuka malangbong. Mereka adalah para tokoh pramuka yang telah tiada diantaranya, Kak Aos Rustandi meninggal dunia tahun 2012, merupaka ketua Kwaran pertama, Kak Mas Ahmad Saehudin ia adalah pelatih pusat pendidikan dan latihan Cabang  (Pusdiklatcab) Kwarcab Garut,  ia telah merintis pasukan  petugas pengibar bendera (Pasbara 14) bersama dengan Organise of Train (O2T),” bebernya.

Kemudian, tambah Aep, ziarah ke makam Kak Mumu Taslimudin, yang meninggal tahun 2015 disaat masih menjabat sebagai ketua Kwaran ke 5 Tahun 2013-2018. Ia berjasa telah mengaktifkan semua satuan Karya yang ada di Kwartir ranting malangbong. Juga penggagas perkemahan penggalang dengan sistim Zonasi.

Dikatakan Aep, selain berziarah mereka juga bersilaturahmi ke keluarga almarhum untuk tetap menjaga silaturahmi dengan keluarga Almarhum.

Camat Malangbong selaku ketua Majelis Pembingbing Ranting (Mabiran ) H. RM. Aliyuddin , S.Sos., M.Si mengapresiasi kegiatan yang dilakukan kwaran Malangbong.

“Terima kasih juga kepada Kwartir Ranting Malangbong yang telah melaksanakan rangkaian kegiatan Hari Pramuka, diantaranya ziarah kemakam para tokoh pramuka Malangbong,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia mengajak kwartir ranting Malangbong lebih berperan lagi dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 melalui kegiatan kepramukaan. Dan dapat menjadikan suri tauladan serta contoh dari perjuangan para tokoh Pramuka yang telah tiada khususnya tokoh Pramuka Malangbong.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam sambutan Hari Pramuka ke-59 mengajak Pramuka  untuk membuat dua gerakan nasional. Yang pertama, gerakan kedisiplinan nasional yang mengajak semua anggota masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Kedua, gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli, dan saling berbagi.

Dua gerakan ini bukan hanya untuk membantu penanganan masalah nasional akibat pandemi, tetapi dua gerakan tadi akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan  dalam memperdalam jiwa Pramuka sejati sebagaimana tertuang dalam Dwidarma, Trisatya, dan Dasadarma Pramuka. (*)

Reporter : TAF Senopati

Editor     : M. Nabil


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here