Harga Hasil Panen Tak Masuk Akal, Petani Garut Lakukan Aksi Ini di Gedung Sate

Garutexpress.id – Sejumlah petani Garut yang dihimpun Ikatan Saudagar Santri Indonesia (ISINDO) melakukan aksi bagi-bagi komoditas hasil bumi di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (28/08/2020).

Aksi ini merupakan sikap terhadap tidak stabilnya harga komoditas yang kian hari kian menurun dan berimbas pada petani yang tidak bisa menjual hasil panen mereka.

Menurut ketua ISINDO, Erwin Nurhidayat, tidak stabilnya harga komoditas baik sayuran, rempah-rempah, dan buah-buahan yang mengakibatkan menurunnya minat pedagang untuk berjualan hasil bumi.

“Persoalannya tidak hanya berdampak pada pedagang saja tetapi terhadap petani kecil, dengan harga yang anjlok mereka tidak bisa berbuat banyak selain membagikan hasil buminya secara cuma-cuma,” jelasnya.

Dijelaskannya, penentuan harga komoditas yang tidak berimbang seperti pasokan impor luar pulau dan dalam pulau yang berdampak pada harga komoditas di Garut khususnya umunnya di Jawa Barat merasa tidak adanya keadilan dalam penentuan harga baik sayuran, rempah dan buah-buahan.

“Dari persoalan yang kami rasakan saat ini maka kami (ISINDO/red) hampir putus asa dalam melakukan perdagangan prodak hasil bumi, persoalan itu mengakibatkan anu tani tinggal daki, anu dagang ninggalkeun hutang,”

“Maka kami meminta kepada Bapak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, untuk segera memperhatikan persoalan yang kami alami saat ini khususnya dalam situasi Covid-19 agar petani dan pedagang-pedagang kecil mendapatkan rizki yang seharusnya dan semestinya,” Tandasnya.

Penulis : Max Aleron
Editor : Sidqi Al Ghifari


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here