Curug Ngebul, Sebuah Potensi Wisata dan Sumber Air Bersih di Karangpawitan

WAKIL Bupati Garut Helmi Budiman dan jajaran Dinas Pertanian, meninjau Lokasi Curug Ngebul, di Desa Sindanggalih, Kecamatan Karangpawitan, sebagai potensi wisata dan sumber air minum. Ahad (16/8/2020), (Foto : Yogi Budiman/Diskominfo Garut).***

garutexpress.id- Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga Gunasantika, mengunjungi air terjun yang dikenal masyarakat Desa Sindanggalih, Kecamatan Karangpawitan, dengan Curug Ngebul, Ahad  (16/08/2020).

Ke depannya air terjun sebagai sumber air minum dari  curug  ini akan disalurkan untuk ribuan masyarakat di sekitar wilayah Kecamatan Karangpawitan dan sekitarnya.

Menyusuri hutan pinus dengan track yang terjal dan berlumpur, bukan suatu halangan bagi Wabup Helmi dan rombongan. Dengan meggunakan sepeda motor trail, beserta rombongan Helmi melihat titik demi titik sejumlah tempat yang siap dijadikan potensi wisata dan sumber air minum untuk kebutuhan masyarakat.

Menurut Helmi, potensi sumber air di Kabupaten Garut terbilang banyak, oleh karenanya, harus bisa memanfaatkan dan mengolahnya dengan baik, demikian halnya dengan Curug Ngebul,  merupakan satu di antara ratusan sumber air minum yang berada di wilayahnya memiliki potensi luar biasa yang akan memasok kebutuhan air warga di dua desa yang berada di wilayah Karangpawitan.

Jarak tempuh untuk mencapai titik sumber air ini kurang lebih 4 km dari pemukiman warga dan untuk ke spot air terjunnya sendiri harus berjalan kaki kurang lebih 2 km.”Tracknya lumayan terjal, mudah-mudahan tahun depan kita perbaiki aksesnya,” ungkap Helmi.

Dengan adanya sumber air minum bagi masyarakat ini, Wabup Helmi,  berharap kebutuhan air untuk masyarakat khususnya Karangpawitan dan sekitarnya bisa terpenuhi, sehingga Indeks Pertanian (IP) pun meningkat, karena sumber air ini pun akan mengairi puluhan hektar pesawahan. (*)

Reporter : Yans

Editor    : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here