Buah Nanas Bisa Turunkan Kolesterol dan Buat Daging Jadi Empuk

Garutexpress.id – Buah nanas relatif mudah ditemukan di Indonesia. Selain harganya terjangkau, manfaatnya pun luar biasa untuk kesehatan dan resep makanan.

Banyak yang mengatakan bahwa jus nanas dan mentimun bisa menetralisir lemak tubuh setelah konsumsi daging kambing. Apa benar?

Turunkan Kolesterol

Saat konsumsi sate kambing ataupun kari kambing, sering dipadukan bersama dengan acar dan potongan tomat segar. Dari segi kuliner keduanya memang dapat menghasilkan cita rasa yang segar karena ada sayuran seperti wortel dan mentimun yang dipadukan dengan cairan asam sehingga menyegarkan mulut.

“Kalau di gizi, itu sebagai sumber serat pangan, vitamin dan mineral sehingga lebih menyeimbangkan zat gizi selain protein dan lemak,” jelas Prof. Dr. Nuri Andarwulan, Direktur SEAFAST Center, dilansir dari food.detik.com.

Selain acar dan tomat, beberapa sumber juga mengatakan bahwa jus nanas dan juga timun dapat menetralisir kolesterol, apa benar?

“Kalau dimakan bersama-sama atau setelahnya memang bisa menurunkan penyerapan lemak. Tapi tidak 100 persen, karena sebagian dibawa ke usus besar,” jelas Nuri kepada detikFood (31/08).

Nuri menjelaskan, tidak hanya nanas atau timun saja, hampir semua sayuran yang dikonsumsi bersamaan atau setelah makan sate atau olahan kambing lebih menurunkan penyerapan kolesterol di usus.

“Sekali makan satu porsi sate kambing untuk makan siang, sebaiknya sediakan potongan buah dan sayuran. Buahnya 100 gram dan sayuran 150 gram, kombinasikan dengan itu,” ujarnya.

Membuat Daging Jadi Empuk

Momen Hari Raya Idul Adha pastinya tidak lepas dari gunungan daging yang melimpah, kerap para Ibu Rumah Tangga (IRT) memasak beraneka ragam jenis daging tersebut.

Seperti diketahui, mengolah daging merah, baik kambing maupun sapi tidaklah mudah. Salah mengolah justru dapat membuat daging menjadi alot dan berbau tak sedap. Tentunya hal ini bisa menyebabkan hidangan menjadi tidak terasa nikmat dan lezat.

Melihat hal itu, beberapa orang kerap melibatkan nanas ketika hendak memasak daging. Nanas sendiri dipercaya mempunyai kandungan khusus yang bisa membuat daging alot menjadi empuk.

“Kalau tidak dicampuri nanas, daging terasa alot ketika dimakan,” ujar Diana, salah satu pembeli nanas.

Dikatakan, ini merupakan resep turun temurun yang dilakukannya ketika hendak memasak daging. Apalagi momentum Idul Adha sepeti ini, banyak daging yang sudah mengantre untuk diolah berbagai macam makanan lezat juga empuk dagingnya.

Ia pun menjelaskan cara pembuatannya. Yakni dengan cara memarut nanas hingga lembut, lumuri daging dengan nanas kurang lebih 10 sampai 30 menit. Setelah itu daging siap digunakan untuk berbagai macam masakan.

“Enzim bromelin pada nanas yang membuat daging menjadi lebih empuk, silahkan mencoba dan buktikan sendiri,” tandasnya dilansir dari blokBojonegoro.com.

Sementara, Sulikah, salah satu penjual nanas juga menjelaskan manfaat yang sama dari buah nanas untuk membuat daging menjadi empuk. Namun kali ini ia membeberkan cara yang berbeda dari Diana.

“Nanas bisa dipotong kecil-kecil tanpa harus diparut, untuk memasak 1 kilogram daging bisa menambahkan 250 gram nanas untuk direndam bersamaan sebelum dimasak. Diamkan selama 45 menit, lalu bilas dengan air yang mengalir,” jelasnya. (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here