Apdesi Wanaraja Blak-blakan, Berat Lepas Kepindahan Camat Ganda

garutexpress.id- Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia ( Apdesi) tingkat Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut secara terang- terangan menyatakan rasa kehilangan yang sangat besar ketika harus berpisah dengan Ganda Permana selaku Camat Wanaraja.

Hal tersebut disampaikan para kepala desa se Kecamatan Wanarajat, saat prosesi serah terima jabatan Camat Wanaraja, Jumat (7/8/2020).

Perwakilan Apdesi, Ade Hermawan menilai, selama 3 tahun menjabat, Ganda Permana dinilai sebagai figur pemimpin yang ‘kalem’ dalam membangun sebuah kerjasama yang baik dengan berbagai kalangan.

“Kita terima bahwa rotasi merupakan suatu hal yang wajar pada sebuah tatanan perintahan. Kendati demikian, jujur, kepindahan Pak Ganda ini telah menaruh rasa kehilangan yang sangat besar bagi kami jajaran pemerintahan tingkat desa,” ungkap Kepala Desa Cinunuk, Ade Hermawan.

Ade mengungkapkan, selama memimpin di Wanaraja, Camat Ganda mampu membangun keselarasan dengan berbagai unsur maupun organisasi tingkat kecamatan.

Kepala Desa Cinunuk, Ade Hermawan, didampingi para kades se – Kecamatan Wanaraja saat dimintai komentarnya terkait sertijab Camat Wanaraja, Jumat (7/8/2020).***

“Pigurnya tidak ribet, kalem dan hebat. Kami merasa aman dan nyaman selama dibawah kepemimpinan pak Ganda. ini yang membuat kami merasa kehilangan,” katanya.

Pada sesi wawancara video dengan garutexpress.id, pernyataan Ade Hermawan kompak diperkuat kades lainya. “Pak Ganda pokoknya top banget lah!” seru kades Wanajaya, Nurjaman.

Salam perpisahan dan ungkapan terima kasih atas dedikasi camat Ganda juga tertulis di beranda akun facebook milik kades Wanaraja, Yudi Hazam Gumilar. Kades muda itu menyebut bahwa Camat Ganda sebagai pemberi motivasi terbaik, cepat dan sigap selama menjalankan roda kepemimpinanya.

“Terimakasih, teriring do’a semoga pak camat selalu diberi kesehatan,” ungkap kades Yudi.

Sebagai gantinya, nampaknya bupati telah memberikan pengganti sepadan. Dia adalah mantan Camat Cigedug. Kedatanganya sekaligus mengukir sejarah sebagai camat perempuan pertama yang bertugas memimpin Kecamatan Wanaraja.

Tak tetdengar isu miring, sosok Mia Herlina sukses memimpin Kecamatan Cigedug selama kurun waktu 6 tahun. Kehadiranya pada acara sertijab di Gor Kecamatan Wanaraja kemarin, tampak dilepas haru oleh rombongan pengantar dari unsur masyarakat dan pemerintahan tingkat Kecamatan Cigedug.

Saat diwawancara, Camat Wanaraja baru itupun tampak tampil optimis. Dia mengaku memiliki kesan tersendiri ketika harus bertugas di kampung halaman Rudy Gunawan, Bupati Garut saat ini.

“Kita sadari bahwa kiprah pak Ganda sebelumya disini sangat luar biasa. Beliau inilah yang selalu memberi wejangan dan motivasi kepada saya. Saya rasa ada kesan tersendiri ketika menjadi Camat di sini, harus lebih baik dan maju lagi. Mari bekerjasama, Insya Alloh camat perempuan pun pasti bisa,” ungkapnya, optimis.

Meski mengaku  berat melepas kepindahan  camat sebelumya, Apdesi Wanaraja cukup hangat menyambut kedatangan camat baru. Ucapan selamat datang pun terlontar dari jajaran pemerintahan tingkat desa.

“Kami ucapkan selamat datang kepada ibu Mia selaku camat baru. Tentunya kami sangat siap  melakukan kerjasama yang baik. Kami pastinya  siap menerima arahan dan petunjuk agar Wanaraja ini menjadi lebih baik,” tegas kades Cinunuk, Ade Hermawan. (*)

Reporter  :  Doni Melody

Editor      :  ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here