Tolak RUU HIP, LSM GMBI Minta Panja RUU HIP Dibubarkan dan Dihapus dari Prolegnas

garutexpress.id- Paska desakan ribuan pengunjuk rasa dari LSM GMBI yang berasal dari DPP, Distrik Kota Bekasi, Distrik Kabupaten Bekasi dan Wilter DKI Jakarta, akhirnya perwakilan LSM GMBI yang diwakili oleh tim perumus makalah terkait RUU HIP yang dipimpin ketua tim perumus makalah tolak Rancangan Undang Undang (RUU HIP) LSM GMBI M.Ari Mulya Subagja, Sekaligus Dewan Pakar DPP LSM GMBI diterima oleh panja RUU HIP Supratman dari Fraksi Gerindra.

Terkait tuntutan LSM GMBI atas penolakan dan pembatalan RUU HIP Panitia Kerja (Panja) RUU HIP sepakat akan membatalkan RUU HIP tetapi harus melalui tahapan proses legislasi RUU melalui Sidang Paripurna DPR RI.

“Hasil pertemuan kami dengan 2 Panja RUU HIP DPR RI, yakni Supratman Andi Agtas dari Fraksi Gerindra, RUU HIP ataupun RUU dengan nama lain yang isi dan konteks yang sama intinya sepakat akan membatalkan RUU HIP tetapi tidak bisa dibatalkan begitu saja karena harus melalui prosedur legislasi RUU yaitu akan diputuskan pembatalanya di dalam Sidang Paripurna RUU HIP,” ucap M.Ari Mulya Subagja, Kepada wartawan setelah bertemu dengan panja RUU HIP di DPR RI Senayan Jakarta, Kamis (16/07/2020).

“Dalam tuntutan unjuk rasa LSM GMBI sangat jelas bahwa Pancasila adalah harga mati yang tidak boleh diotak-atik lagi, dimana Pancasila sebagai Ideologi dan falsafah bangsa sehingga Pancasila sebagai sumber dari sumber hukum dan perundang-undangan di Indonesia, jangan sampai kedudukanya dikecilkan hanya dengan UU,” tambahnya.

“Terkait rencana ancaman LSM GMBI akan melakukan demo kembali di DPR RI secara besar-besaran tanggal 21 Juli dari seluruh distrik seluruh Indonesia, menunggu instruksi ketua umum sambil melihat perkembangan lebih lanjut dari langkah Panja RUU HIP di rapat paripurna DPR RI,” ungkapnya.

Dalam orasinya ketua umum LSM GMBI Menyampaikan 4 sikap atas RUU HIP, diantaranya Menolak Batalkan RUU HIP dan bubarkan Panja RUU HIP serta, hapus dari prolegnas.

“Kami LSM GMBI mendesak agar DPR RI menghentikan pembahasan Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dan atau penggantinya yang memiliki substansi yang sama serta membubarkan panitia kerja RUU HIP dan atau sebutan lainnya,” ucap M. Fauzan Rachman SE selaku Ketua Umum dan Pendiri LSM GMBI.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dan ketua distrik LSM GMBI yang telah melakukan unjuk rasa di semua DPRD masing masing Kota / Kabupaten untuk menyampaikan aspirasi kami membatalkan RUU HIP ke DPR RI, sehingga hari ini tuntukan pembatalan RUU HIP disepakati oleh panja RUU HIP,” tambahnya.

Unjuk rasa ribuan masa LSM GMBI mendatangi Senayan di depan TVRI sejak pukul 05:00 WIB, kemudian berjalan kaki sejak pukul 07:00 WIB menuju gedung DPR RI.

Unjuk rasa membubarkan diri pukul 14:30 WIB dengan berjalan kaki secara tertib dari pintu selatan DPR RI menuju parkir kendaraan di Stadion GBK. (*)

Sumber ; rakyatmerdekanews


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here