Tahun Pelajaran Baru Dimulai 13 Juli 2020, Berikut Penjelasan Kadisdik Garut

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.S i.***

garutexpress.id- Hasil rapat Kadisdik Kabupaten Garut bersama para kepala sekolah TK, ditetapkan bahwa tahun pelajaran baru dimulai tanggal 13 Juli 2020. Meski demikian bukan berarti sekolah dibuka. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka diperbolehkan untuk yang berada di zona hijau, sementara Garut sendiri saat ini masih berstatus zona kuning.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.S i., dalam keterangan persnya, Kamis (9/7/2020).

Menurut Kadisdik, khusus untuk SD dan SMP boleh menyelenggarakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dengan syarat harus menerapkan protokol kesehatan selama 3 hari dengan durasi 2 jam, atau 2 hari dengan durasi 3 jam tanpa istirahat, dengan kegiatan upacara bendera, pengenalan kelas, guru dan pasilitas lainnya yang ada di sekolah.

“Tetapi untuk PAUD (TK,Kober,SPS) tidak diperbolehkan mengadakan MPLS, kecuali orang tuanya yang datang ke sekolah untuk mendapatkan informasi tentang pembelajan jarak jauh atau konsep Belajar di Rumah (BDR),” ungkapnya.

Dijelaskannya, satuan pendidikan diwajibkan membentuk satgas Covid-19 di sekolahnya masing-masing. Satuan pendidikan juga diwajibkan membuat surat kesiapan sekolah dengan protokol kesehatan yang diharapkan ada seperti termogun, masker, tempat cuci tangan dan sabunnya, handsanitizer dan desinfektan.

“Penerapan aturan itu untuk persiapan KBM tatap muka menuju new normal atau adaptasi kebiasaan baru ditujukan kepada Dinas Pendidikan dan dikumpulkan dI korwil masing-masing,” katanya. (*)

Reporter  : Tim GE

Editor      : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here