Tahukan Anda? Berikut Perbedaan SIM Konvesional dan Smart SIM

garutexpress.id- Banyak yang tidak tahu kalau saat ini masa berlaku SIM atau sekarang sudah smart SIM tidak sesuai dengan tanggal lahir.

Sejak pemberlakuan smart SIM pada tahun lalu, Kepolisian memberlakukan masa berlaku smart SIM beda dengan SIM konvensional.

“Jadi saat ini masa berlaku smart SIM disesuaikan dengan tanggal pembuatannya, jadi bukan disesuaikan dengan tanggal lahir,” kata di Aiptu Tata Setiawan Baur SIM Polres Garut saat ditemui Kantor Pelayanan SIM Polres Garut, Kamis (2/7/2020).

Bila biasanya para pemilik SIM melihat masa habis berlaku SIM disesuaikan dengan tanggal lahir.

Namun kata Tata para pemilik smart SIM kali ini harus mewanti-wanti ketika masa berlaku habis. Karena masa habis berlaku SIM sesuai dengan masa diterbitkan SIM tersebut hanya saja pada 5 tahun berikutnya.

“Jadi sekarang disesuaikan dengan tanggal pembuatannya, kalau dulu kayak KTP,” katanya.

Smart SIM sendiri memiliki perbedaan yang mencolok dari SIM konvensional. Bila di SIM yang dahulu didominasi dengan warna merah dan putih dan hanya ada satu foto.

Pada smart SIM yang baru selain tampilannya yang lebih menarik ada logo hologram ketika terkena sinar matahari.

Bila pada SIM dulu hanya ada satu foto, kali ini ada dua foto di dalam smart SIM, satu foto utama yang satunya disematkan bersama dengan tanda tangan. Saldo di smart SIM sendiri bisa menyimpan uang hingga Rp2 juta.

“Smart SIM juga bisa dijadikan dompet, jadi bisa juga digunakan untuk e-toll maupun keperluan lainnya,” ucap Tata.

Sementara itu, masa berlaku smart SIM sendiri sudah ada dipojok kanan bawah smart SIM. (*)

Reporter : Tim GE

Editor     : ER

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here