PLN Toblong Respon Keluhan Pelanggan Soal Tiang Listrik Miring

garutexpress.id- PLN Toblong melalui petugas pelayanan tekhnik (yantek) Toblong merespon cepat laporang pelanggan untuk memperbaiki fasilitas jaringan listrik yang rusak.

Salah satunya perbaikan tiang listrik yang miring di kawasan Kecamatan Bonjonggambir, Kabupaten Tasikmalaya yang merupakan perbatasan Garut di wilayah selatan.

Disamping itu, perbaikan sejumlah tiang listrik lain yang kondisinya miring juga akan segera dilakukan oleh PLN Toblong dalam waktu dekat ini.

Menurut Dede Wahyudin, salah seorang tenaga tekhnik-koordinator pelayanan tekhnik (yantek) pln ulp cikajang perbaikan tersebut dilakukan dengan kembali menegakan tiang listrik di sejumlah lokasi di wilayah Kecamatan Bojonggambir, seperti yang dikeluhkan oleh sekalangan warga.

“Perbaikan pada tiang listrik miring akan segera dilakukan dengan kembali memperbaiki tanah dan pondasi pada tiang agar kembali tegak,” tutur Dede, saat dihubungi garutexpress.id via sambungan telfon, Kamis (02/07/2020).

Dikatakannya, tim teknik juga secara rutin melakukan pengecekan dan survei rutin pada titik lokasi tiang yang harus diperbaiki atau mendapatkan penanganan khusus.

“Kami terus melakukan cek berkala pada kondisi seluruh tiang sekaligus melakukan perbaikan bertahap pada tiang-tiang yang kondisinya miring. Selain itu kami juga rutin memeriksa jaringan kabel instalasi pada jalur wilayah Toblong-Bojonggambir, untuk tiang di area Kampung Puncaklimus, Desa Cempakasari, Kecamatan Bojonggambir telah kami perbaiki. Terima kasih atas informasi dari masyarakat,” ungkap Dede Wahyudin.

Sementara Manager bagian jaringan PLN UP3 Garut,Dhanny Efendi membenarkan bahwa ada sejumlah tiang listrik di wilayah Kecamatan Bojonggambir yang kondisinya miring akibat tanah labil yang kebetulan adalah tanah perbukitan yang jadi pijakannya terkikis air.

“Selain itu didapati penyebab tak stabilnya tiang tersebut mayoritas disebabkan oleh tanah labil yang terjadi di wilayah tersebut. Namun sejak terjadinya bencana tersebut, PLN telah melakukan perbaikan dan perawatan teknis baik pada beberapa tiang yang tak stabil maupun komponen jaringan listrik agar tak membahayakan sehingga tak mengganggu pasokan listrik ke wilayah tersebut,” ujar Dhanny.

Menurut Dhanny, selain akibat kondisi tanah yang labil, geografis tanah di seluruh wilayah Kecamatan Bojonggambir akan terus dilakukan perbaikan secara bertahap.

“Kami akan terus melakukan perbaikan pada tiang dan jaringan yang terjadi masalah secara bertahap agar pasokan listrik di sana dapat tetap stabil. Kami butuh informasi dan masukan dari masyarakat terkait kondisi perangkat PLN agar kami dapat bertindak cepat dan tepat,” katanya.

Sementara itu, Somara (40) warga Kampung Puncaklimus menyampaikan rasa sykurnya atas perbaikan tiang listrik miring yang berada persis di depan rumahnya.

“Ya, tiang listrik yang miring di depan rumah saya membuat keluarga kami tak nyaman, khawatir takut roboh. Setelah saya mengubungi manager PLN UP3 Garut saudara Fauzan, Alhamdulillah, direspon cepat dalam tempo sehari langsung ditindaklanjuti tim PLN dengan memperbaiki tiang hingga bediri seperti sediakala,” katanya. (*)

Reporter : Tim GE
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here